8 Tips Menjadi Manusia Lebih Produktif

  1. Sabar
    Imam al-Qusyairi dalam kitabnya meyebutkan bahwa sabar ada dua macam, yaitu sabar terhadap sesuatu yang sedang diupayakan dan sabar terhadap sesuatu yang ada tanpa diupayakan.

Sabar dalam menjalankan segala tujuan yang diinginkan merupakan salah satu cara untuk tetap bertahan dalam menghadapi masalah takala menggapai sebuah tujuan yang telah direncanakan. Meski terasa berat melakukannya namun, pada saatnya akan terasa manis buahnya jika tetap mau bersabar dalam menjalankannya.

  1. Istiqomah
    Sabar adalah ibadah yang harus dilakukan oleh seseorang yang dengan sabar tersebut akan membawa efek positif untuk lebih baik lagi. Sabar tersebut mampu menghasilkan sesuatu yang dapat dirasakan baik secara dzahir maupun batin. Salah satu kunci serta cara yang mampu meraih manisnya buah dari apa yang kita inginkan adalah dengan sikap istiqomah (konsisten).

Dapat disimpulkan dengan berusaha menjalankan tips yang telah dijelaskan diatas akan mengantarkan kita menjadi pribadi yang produktif, serta bisa menjadikan kita sebagai manusia yang bermanfaat kepada sesama.

sebab ini salah satu perintah Rasulullah SAW kepada umatnya. Sabda beliau:

خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani, Al-Mu’jam al-Ausath, juz VII, hal. 58, dari Jabir bin Abdullah, r.a.

*Mahasiswa penerima Beasiswa Baznas UINSA Angkatan Ke-3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here