Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 16 Apr 2021 14:22 WIB ·

Menggali Potensi Wisata Mahasiswa UMM Mengadakan Simulasi Wisata Edukasi di Desa Torongrejo


Menggali Potensi Wisata Mahasiswa UMM Mengadakan Simulasi Wisata Edukasi di Desa Torongrejo Perbesar

MALANG, Lingkarjatim.com – Universitas Muhammadiyah Malang dalam Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa khususnya yang dilakukan kelompok PMM 92 Gelombang 3 yang dibimbing langsung oleh dosen pembimbing lapang Ibu Kardina Yudha Parwati, S.E., M.M. mengadakan program simulasi pelayanan wisata edukasi untuk anak-anak dan masyarakat di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Minggu (11/4).

Desa Torongrejo merupakan desa yang mempunyai kekayaan alam yang patut di syukuri dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Kekayaan alam yang dimiliki Desa Torongrejo sendiri dimulai dari tanahnya yang subur, keelokan alamnya, dan juga beberapa tradisi serta sejarahnya, dari hal tersebut membuat desa tersebut memeiliki potensi untuk menjadi desa wisata.

Namun selama ini potensi Desa Torongrejo sebagai salah satu desa yang bisa memberikan pelayanan kepariwisataan masih menjadi potensi dan mimpi tanpa bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Salah satu upaya agar hal tersebut dapat terjadi perubahan adalah menyiapkan Desa Torongrejo menjadi Desa Wisata Torongrejo.

PMM UMM 92 dengan BUMDes Berkah Torongrejo sebagai salah satu lembaga perekonomian dan pemberdayaan yang dimiliki Desa Torongrejo, saling bekerjasama dengan POKJA Desa Wisata Torongrejo dan beberapa kelompok masyarakat lainnya dalam kegiatan ini.

Menurut Ketua BUMDes Torongrejo Bapak Zulfikar Wijaya “untuk mewujudkan Desa Torongrejo menjadi desa wisata tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu adanya usaha yang keras dan terstruktur untuk melewati tahapan-tahapan tertentu agar harapan tersebut dapat berubah menjadi kenyataan. Tahapan saat ini yang sedang kami lalui adalah, kami mencoba menyiapkan sebagian titik-titik potensi wisata yang ada di Desa Torongrejo untuk melakukan persiapan menerima konsumen wisatawan edukasi untuk anak” tutur beliau.

Rincian kegiatan ini yaitu pertama mengenalkan dan menjelaskan edukasi perikanan. Dimana edukasi perikanan anak-anak memberikan makanan pada ikan dan diberikan pengetahuan seputar perikanan. Kedua, anak-anak dibawa ke edukasi pertanian, disini anak-anak diberikan pengetahuan dari berbagai tanaman dan cara menanamanya. Ketiga, anak-anak mengunjungi peternakan domba, di peternakan anak-anak dijelaskan bagaimana cara beternak dengan baik. Keempat, anak-anak mengunjungi arca ganesha dan dijelaskan pengetahuan sejarah dari arca ganesha. Terakhir anak-anak mengunjungi Padepokan Gunung Wukir atau Ukir (PGU). Di padepokan ini anak-anak diberikan pengetahuan seputar seni budaya agar anak-anak mengenal seni budaya lebih dalam lagi dan anak-anak dibimbing menyanyi lagu dolanan.

Selain itu menurut POKJA Desa Wisata Bapak Sueb bahwa acara yang diselenggaran secara kerja sama ini “sangat bagus konsep acaranya untuk edukasi anak dan sangat menunjang untuk Desa Wisata Torongrejo”. (*)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jalan Desa Gemurung-Tebel Rusak, Begini Respon Pemkab Sidoarjo

14 March 2024 - 16:11 WIB

20 Warga Binaan Umat Hindu di Jatim Peroleh Remisi Nyepi

11 March 2024 - 15:54 WIB

GERAK CEPAT MEMBANGUN DESA; KKN 03 STAI AL-HAMIDIYAH BANGKALAN SUKSES TERAPKAN PROGRAM BLUE GREEN ECONOMY

6 January 2024 - 20:24 WIB

Pj Bupati Bangkalan Sebut Petani Jual Hasil Pertanian ke-Surabaya dan Dijual Lagi ke-Bangkalan Sehingga Harganya Menjadi Mahal

20 December 2023 - 10:31 WIB

Siltap Kades Naik Menjadi 5,4 Juta, Ini Alasan Pemkab Bangkalan

7 December 2023 - 14:05 WIB

Dihadapan Kades Se Bangkalan, Safiudin Asmoro Sampaikan Pentingnya Penguatan Sistem Demokrasi di Indonesia

12 November 2023 - 16:23 WIB

Trending di Uncategorized