GERAK CEPAT MEMBANGUN DESA; KKN 03 STAI AL-HAMIDIYAH BANGKALAN SUKSES TERAPKAN PROGRAM BLUE GREEN ECONOMY

Mulai tanggal 18 Desember hingga saat ini, KKN STAI Al-Hamidiyah Bangkalan 03 yang ditempatkan di Desa Barunggagah Bangkalan berhasil meraih sukses dalam membangun desa melalui implementasi program Blue-Green Economy. Dalam periode tersebut, kelompok KKN ini secara aktif melakukan desiminasi informasi ke setiap lembaga, kelompok masyarakat, dan masyarakat di setiap dusun. Fokus utama dari program Blue-Green Economy ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemecahan masalah lingkungan di sekitar mereka.

Kelompok KKN 03 STAI Al-Hamidiyah Bangkalan berhasil mencapai berbagai pencapaian positif. Salah satu langkah inovatif yang diambil adalah pembangunan kebun mini di lima dusun Desa Barunggagah Tambelangan Sampang. Langkah ini tidak hanya memberikan solusi terhadap permasalahan sampah, tetapi juga mendukung konsep ekonomi berkelanjutan. Bahan baku untuk kebun mini ini diambil dari sampah, menunjukkan keberlanjutan dan upaya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, kelompok KKN juga berhasil mengolah produk dari alam menjadi makanan yang sehat. Daun kelor, daun bayam, rebung, dan gedebok dijadikan bahan makanan yang tidak hanya bernutrisi tetapi juga bersumber dari alam sekitar. Langkah ini tidak hanya berkontribusi pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempromosikan keberlanjutan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bijak.

Dengan demikian, keberhasilan KKN STAI Al-Hamidiyah Bangkalan 03 dalam program Blue-Green Economy ini menjadi bukti bahwa saatnya membangun desa melalui program pengabdian masyarakat melalui perguruan tinggi. Melibatkan mahasiswa dalam program ini tidak hanya memberikan manfaat konkret bagi masyarakat lokal, tetapi juga menciptakan model pembangunan yang berkelanjutan dan berorientasi pada kebutuhan lingkungan.

Leave a Comment