Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 21 Jan 2019 11:59 WIB ·

Beberapa Hari Hujan Lebat, Tanaman Padi di Enam Kecamatan Terdampak Banjir


Beberapa Hari Hujan Lebat, Tanaman Padi di Enam Kecamatan Terdampak Banjir Perbesar

Kondisi sawah di Kecamatan Kamal

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Beberapa hari terakhir, Kabupaten Bangkalan dilanda hujan deras. Akibatnya sebagian wilayah di Kabupaten Bangkalan sempat tergenang banjir. Bahkan yanaman padi di sejumlah wilayah juga terkena imbasnya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman dan Holtikultura (Dispertahotbun) Bangkalan melalui Kasubag Umum M Ridwan. Saat ini pihaknya sedang melakukan peninjauan kelapangan untuk melihat kondisi padi yang tergenang air akibat hujan lebat.

M. Ridwan menjelaskan sawah yang sudah dipetakan terdampak banjir meliputi Kecamatan Kamal, Socah, Arosbaya, Blega, Bangkalan dan Klampis.

Sawah di Desa Gili Anyar Kecamatan Kamal sebagian air sudah surut dan tanaman padi masih tumbuh dengan baik. Di Kecamatan Socah juga tanaman padinya masih tumbuh dan kondisinya masih bagus.

Ia khawatir  jika setiap sore hujan lebat, bibit padi yang sudah tertanam akan benar-benar mati. Sebab bibit padi bisa bertahan dalam genangan air selama tiga hari.

“Kalau selama tiga hari masih hidup berarti tidak dikatakan dampak banjir dan masih bisa tumbuh dengan baik,” ungkapnya, Senin (22/01/2019).

Akan tetapi jika intensitas hujan terus menerus tetap tinggi dan ditambah pasangnya air laut maka petani berpotensi akan merugi.

“Kalau itu terjadi, ada ganti rugi benih. Mekanismenya ya sesuai seberapa besar tanaman yang tertanam itu terdampak banjir.  Apa tujuan ganti rugi itu, agar kita tidak tercancam poso. Dalam artian tidak tertanam kembali kerena terdampak banjir. Karena itu sangat mempengaruhi produksi di Kabupaten Bangkalan,” terangnya. (Zan/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jalan Desa Gemurung-Tebel Rusak, Begini Respon Pemkab Sidoarjo

14 March 2024 - 16:11 WIB

20 Warga Binaan Umat Hindu di Jatim Peroleh Remisi Nyepi

11 March 2024 - 15:54 WIB

GERAK CEPAT MEMBANGUN DESA; KKN 03 STAI AL-HAMIDIYAH BANGKALAN SUKSES TERAPKAN PROGRAM BLUE GREEN ECONOMY

6 January 2024 - 20:24 WIB

Pj Bupati Bangkalan Sebut Petani Jual Hasil Pertanian ke-Surabaya dan Dijual Lagi ke-Bangkalan Sehingga Harganya Menjadi Mahal

20 December 2023 - 10:31 WIB

Siltap Kades Naik Menjadi 5,4 Juta, Ini Alasan Pemkab Bangkalan

7 December 2023 - 14:05 WIB

Dihadapan Kades Se Bangkalan, Safiudin Asmoro Sampaikan Pentingnya Penguatan Sistem Demokrasi di Indonesia

12 November 2023 - 16:23 WIB

Trending di Uncategorized