Gresik, Lingkarjatim.com,- Untuk membuat kegiatan belajar mengajar yang menarik, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menerapkan pembelajaran berbasis aplikasi Kahoot untuk mempermudah siswa memahami sebuah pelajaran.
Aplikasi Kahoot merupakan aplikasi media pembelajaran berbasis kuis interaktif.
“Aplikasi Kahoot dapat digunakan sebagai bahan penilaian pembelajaran, berupa game online, berupa kuis yang menyenangkan dan interaktif, pre-test, post-test atau ulangan harian. Game yang dibuat terdiri dari pertanyaan sederhana yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa tentang topik yang diajarkan oleh pendidik,” ucap Jarot melalui rilis yang dikirim kepada media Lingkarjatim.com.
Pria yang tergabung pada kelompok KKNT-45 tersebut menjelaskan bahwa manfaat dari aplikasi Kahoot tersebut adalah mampu membuat siswa lebih bersemangat dan lebih mudah menerima pembelajaran.
“Antara lain membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan, kegiatan belajar tidak hanya monoton, tetapi memiliki kegiatan unik yang melibatkan peran aktif siswa, serta bisa mendorong siswa untuk bergerak cepat, seperti membaca pertanyaan, menemukan jawaban, dan dengan cepat menggerakkan kursor ke arah yang diinginkan,” Lanjutnya.