Rekrutmen Panwascam, Berikut Persyaratan dan Alurnya

Salah satu peserta saat sedang melakukan prosea pendaftara Panwascam di kantor Bawaslu Sidoarjo

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sidoarjo membuka rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Rekrutmen ini untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

“Pendaftaran rekrutmen panwascam dimulai sejak hari ini tanggal 26 hingga 3 Desember,” kata Haidar Munjid Ketua Bawaslu Sidoarjo, Rabu (27/11/2019).

Dijelaskan Haidar, adapun persyaratan pendaftaran rekrutmen panwascam adalah warga Indonesia yang berdomisili di Sidoarjo dan memiliki e-KTP minimal lulusan SMA dan usia 25 tahun dan tidak pernah aktif di partai politik.

“Dan juga syaratnya tidak pernah dipidana dengan dibuktikan surat dari pengadilan negeri,” imbuhnya.

Oleh karenanya, menurut Haidar bagi pendaftar yang lolos verifikasi administrasi akan berlanjut ke tes tulis. Untuk tes kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu menggunakan sistem online.

“Pakai sistem CAT (computer assisted test) untuk tes tulis. Jadi nanti langsung nilainya langsung muncul. Ini baru pertama kali,” tutur pria yang penah menjadi Ketua PMII Sidoarjo.

Baca Juga :  Sekarang, Uji Praktek SIM Ada di Kecamatan

Lebih lanjut, Haidar menambahkan, rekrutmen Panwascam itu membutuhkan 54 orang yang tersebar di 18 Kecamatan dan perkecamatan ada tiga orang panwascam.

“Baru ada 13 orang yang mendaftar hari pertama. Jika semisal pada akhir penutupan masih belum memenuhi kuota, maka bisa diperpanjang pendaftaran,” tutupnya. (Imam Hambali).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here