Diguyur Hujan Deras, Sidoarjo Dikepung Banjir

Caption Foto: Situasi wilayah Sidoarjo yang terdampak banjir

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Diguyur hujan deras beberapa waktu terakhir, sejumlah titik di wilayah Sidoarjo tergenang banjir. Sejumlah warga yang terdampak banjir, mulai mengungsi akibat rumahnya terendam banjir setinggi lutut orang dewasa.

Beberapa desa yang terdampak banjir diantaranya Perum BCF, Jl. Monginsidi, kelurahan Sidokare, desa Sepande, raya Juanda dan raya Porong. Yang paling parah di Kelurahan Sidokare dan Perumahan Bumi Citra Fajar (BCF) desa Blur, dimana banjir mengakibatkan ratusan rumah tergenang air.

Kepala Desa Rangkah Kidul Warlheyono mengatakan, hampir 95 persen area Desa Rangkah Kidul terendam air, dari mulai perumahan Bumi Citra Fajar (BCF) dan yang paling parah di perumahan Citraloka. Ketinggian rata-rata 70 cm. Salah satu penyebabnya karena curah hujan cukup tinggi dan kiriman air dari wilayah barat.

“saat ini kami tengah menyiapkan tempat penampungan sementara di lapangan perumahan Palazzo dan Balai Desa Rangkah Kidul,” terangnya, Rabu (17/02/2021).

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono menemui warga perumahan Citraloka, dan menyampaikan permintaan maaf ke warga Citraloka yang saat ini menghadapi musibah banjir hingga mengungsi. Dia berjanji, pemkab akan hadir dan terus melakukan upaya-upaya penanganan agar cepat surut dan meringankan beban warga.

“Ada 11 titik lokasi di Sidoarjo ini yang tergenang, namun kami pemerintah hadir mendekat kepada masyarakat kita mengajak mengevaluasi, kemudian melakukan pemetaan kemudian melakukan analisa untuk solusi penanganannya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Dwijo Prawito memastikan bahwa pompa di sebelah perumahan Citraloka masih terus berjalan menyedot genangan air. BPBD juga akan menyiapkan alat kelengkapan seperti tenda jika nantinya diperlukan.

“BPBD akan menyiapkan bantuan yang diperlukan, seperti bantuan permakanan dan memfasilitasi warga jika ada yang mengungsi ke tempat yang sudah disiapkan pemkab,” tugasnya. (Imam Hambali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here