DLH Akui Kesadaran Masyarakat Bangkalan Terhadap Sampah Masih Kurang

Foto ilustrasi sampah

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Bupati Bangkalan R. Abd. Latif Amin Imron sudah mewanti-wanti soal kebersihan lingkungan. Menurutnya masalah sampah sampai saat ini belum juga terselesaikan dengan baik.

Hal itu terbukti tahun 2018 lalu Kabupaten Bangkalan tidak memperoleh Adipura. Selain itu sampah juga menjadi lumbung penyakit apalagi pada musim hujan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan mengeluh akibat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah belum juga meningkat.

“Kita mengangkut sampah sudah sesuai dengan jadwal pukul 06-07 sampah sudah diangkut, akan tetapi ada masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai dengan jadwal,” terang Ishak Sudibyo Kepala DLH Bangkalan, Selasa (19/02/2019).

Selain masalah kesadaran masyarakat terhadap sampah, Kadis yang biasa disapa pak Yoyok itu mengaku kesulitan, karena masyarakat dalam memilah sampah organik dan non-organik masih kurang.

Bahkan, dirinya memberikan sebuah contoh tentang pengelolaan sampah di negara Jepang. Kesadaran masyarakat disana sangat tinggi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jam 5-6 itu sampah sudah terangkut.

“Nah, bagaimana kita, naik sepeda motor buang sampah di pinggir jalan, kesadaran masyarakat masih kurang,” ujarnya saat ditemui. (Zan/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here