Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 16 Dec 2022 18:54 WIB ·

Hasilkan Uang dari Hobi, Agatha Latih Emak-emak Membuat Dimsum dan Siomay


Hasilkan Uang dari Hobi, Agatha Latih Emak-emak Membuat Dimsum dan Siomay Perbesar

SURABAYA – Puluhan Emak-Emak di Surabaya dan sekitarnya nampak antusias mendengarkan intruksi dalam praktik pembuatan makanan Dimsum dan Siomay di Gedung Widya Kartika, Rabu (7/12/2022) lalu.

Usai mendengarkan paparan teori dari instruktur, para peserta langsung membentuk kelompok dan praktik membuat Dimsum dan Siomay dengan bahan dan peralatan yang sudah disediakan.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan, Anggota Komisi B DPRD Jatim Agatha Retnosari mengajak para peserta agar memanfaatkan keahlian membuat makanan menjadi nilai tambah untuk perekonomian keluarga.

“Kalau punya keahlian membuat makanan mari  dimanfaatkan secara ekonimis, jadi tidak sekadar hobi,” kata politisi PDI-Perjuangan ini.

Dia menganggap tidak ada salahnya ibu-ibu rumah tangga memiliki hobi memasak, namun sebisa mungkin dapat dioptimalkan sehingga memiliki nilai jual dan harus menghasilkan meski tidak sebanyak penghasilan suami.

Dia mengingatkan bahwa negara-negara besar dalam waktu dekat akan mengalami resesi ekonomi global. “Saat itu kita tidak pernah tahu apakah pekerjaan kita semua ini akan bertahan atau tidak, karena itu kita harus punya keahlian yang menghasilkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah menyebut pelatihan tersebut merupakan upaya edukasi kepada pelaku usaha untuk meningkatkan kreatifitas dalam strategi 9pengembangan usaha dan pemasaran usaha guna peningkatan omset usaha.

Pihaknya mengaku berkepentingan dalam pengembangan usaha UKM karena UKM adalah tulang punggung ekonomi dengan kontribusi 57,25 persen terhadap PDRB Jatim.

Pelatihan tersebut digelar dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim. Sebelumnya, kegiatan kolaborasi tersebut juga menghadirkan berbagai pelatihan bagi pengusaha mirko  seperti pelatihan membuat foto dan video produk.

Selain itu juga pelatihan manajerial bisnis, pelatihan membuat Sospeso Trasparente, hingga fasilitasi agar pelaku usaha mikro mendapatkan sertifikasi halal. (Amal/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Literasi Media, PWI Sidoarjo Gelar Ngaji Jurnalistik Santri

18 July 2024 - 14:48 WIB

Jembatan Penghubung Dua Desa di Candi Sidoarjo Ambruk

16 July 2024 - 17:43 WIB

Mahasiswa Unipra Surabaya Datangi KPU Jatim, Ini Tujuannya

15 July 2024 - 19:20 WIB

Siskawati Bakal Minta Penangguhan Pemblokiran Rekening Suami dan Anak

15 July 2024 - 19:09 WIB

MPLS KB-TK Al Muslim Sidoarjo Deklarasi Kasih Sayang dan Stop Bullying

15 July 2024 - 17:54 WIB

Masuk Tahun Ajaran Baru, Al-Miftah Kenalkan Siswa Baru Dengan Pelajaran Unggulan

13 July 2024 - 20:35 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA