Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 26 Feb 2018 02:20 WIB ·

Al-Quran Menjawab Persoalan Hidupmu


Al-Quran  Menjawab Persoalan Hidupmu Perbesar

Al-Quran tidak pernah lapuk karena sering diulang-ulang; kejaiban-kejaibannya tidak akan pernah habis. Siapa saja yang berbicara berdasarkan Al-Quran maka ia benar; yang mengamalkannya maka ia memperoleh pahala; siapa saja yang mengajak manusia kepada Al-Quran maka ia diberi petunjuk menuju jalan yang lurus. ( Ali bin Abu Thalib ra )

Lingkarjatim.com – Sobat. Ibnu al-Jauzi dalam kitabnya Zadul Masir, “ Al-Quran adalah obat untuk keluar dari kesesatan, penyembuhan penyakit dan pemahaman tentang kewajiban dan peraturan hukum Al-Quran juga merupakan karunia yang menghadirkan selaksa karunia.”

Sobat. Al- Quran adalah buku panduan kehidupan yang sempurna, lengkap, dan tak ada yang diragukan di dalamnya. Jika kita mau merujuk ke dalam Al-Quran, kita akan tercengang : Ternyata Al-Quran memberikan banyak solusi dalam menghadapi segala problematika kehidupan ini.

Sobat. Sayyid Qutubh dalam tafsirnya Fi Dhilalil-Quran menegaskan bahwa orang-orang yang hidup di bawah naungan Al-Quran dapat merasakan dan menemukan setiap surat yang memiliki kepribadian tersendiri, unik, memiliki ciri-ciri khas, metode dan gaya bahasa tertentu, serta memberi solusi terhadap suatu masalah.

Rasulullah SAW meyakinkan kepada kita bahwa Al-Quran dan Hadits adalah peninggalan beliau yang sudah sempurna , tidak perlu diragukan lagi. Beliau meninggalkan dua pusaka yang seharusnya menjadi panduan kita untuk melangkah. Dengan mengamalkan ajaran Al-Quran dan Sunah, kita tidak akan tersesat selama-lamanya.

Oleh karena itu, orang-orang yang senantiasa mengembalikan persoalannya kepada pesan-pesan Al-Quran akan mendapatkan jawaban yang tepat. Al-Quran ditujukan untuk mendampingi bahtera manusia dalam mengarungi samudera kehidupan di dunia ini. Namun, sungguh disayangkan, sebagian di antara kita lebih memilih buku-buku ramalan, primbon, tarot, dan sejenisnya untuk mencari jawaban permasalahan hidup kita.

Kita melupakan bahwa Al-Quran jauh lebih hebat daripada kitab atau buku mana pun. Fenomena seperti itulah yang cukup memprihatinkan. Bagaimana kita akan dapat memperoleh solusi yang tepat menjawab problematika kehidupan ini jika kita sudah tidak mau berpegang teguh pada Al-Quran?
 ••   •          
“ Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran ( Al-Quran ) dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus (10) : 57 )

Sobat. Kita akan menyaksikan betapa hebatnya Al-Quran merespons dan memberikan jawaban bagi permasalahan hidup kita. Kita akan terpana merasakan betapa kuatnya Al-Quran memberikan anjuran-anjuran untuk mencapai kebahagiaan hidup. Kita menyadari hal ini, pasti tidak mau menyia-nyiakan perkataan Al-Quran. Kita akan banyak mendapati bahwa Al-Quran selalu menuntun kita menjadi manusia-manusia hebat, berpikir positif, selalu berprasangka baik, dan menuju pada cahaya yang terang benderang. Akibatnya, kehidupan kita berubah menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Sobat. Berikut ini ada tips singkat dan menarik bagaimana kita bisa mendapatkan solusi atau jawaban atas permasalahan kita di dalam Al-Quran. Cukup hanya tiga tahapan yang perlu kita lakukan : 1. Bukalah Al-Quran secara random (acak). 2. Lihat dan bacalah! Buka tafsirnya. 3. Renungkanlah dalam-dalam!

Sobat. Anda dapat mempraktikkan cara seperti ini. Ketika anda diterpa permasalahan yang pelik dan rasanya anda sangat berat mencari penyelesaian akhir cobalah dengan tiga tahapan di atas. Awali dengan berwudhu dan berdoalah serta tenangkan dan jernihkan pikiran dengan duduk kemudian sholat sunnah dua rokaat. Anda dapat berdoa seperti ini : “ Ya Allah, sampai saat ini saya belum menemui jalan keluar permasalahan saya ini. Saya memohon dengan penuh harap kepada-Mu untuk memberikan jalan yang terbaik.”

Selamat mencoba tiga langkah itu ya. Insya Allah , Anda segera menemukan solusi tepat atas problematika kehidupan anda.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator- DR.N.Faqih Syarif H, M.Si. Penulis buku-buku motivasi dan pengembangan diri. Narasumber Thank God Tommorow is Friday Radio SMART 88.9 FM Surabaya. Pengurus Komnas Pendidikan Jawa Timur. www.faqihsyarif.net )

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Rekruitmen Panwascam Pilkada 2024, Bawaslu Bangkalan : Masih Menunggu Penilaian Bawaslu RI

27 April 2024 - 17:28 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA