Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 13 Jan 2018 22:40 WIB ·

BANGKALAN FORUM Akan Kembangkan Jagung Hibrida Hasil  Riset UTM


BANGKALAN FORUM Akan Kembangkan Jagung Hibrida Hasil  Riset UTM Perbesar

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Sebagai wadah taktis bagi perencanaan program-program prioritas pasangan calon Bangkalan 2018-2023 Ra Latif-Mohni, BANGKALAN FORUM terus meluncurkan hasil kajiannya.  Salah satunya adalah dalam peningkatkan sektor pertanian.

Salah satu pegiat BANGKALAN FORUM, Masudi, M.Pd.l mengatakan bahwa pihaknya mendorong jagung hibrida hasil tehnologi (riset) pertanian yang dilakukan oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dimasukkan ke dalam skema program pertanian Pemerintah Kabupaten Bangkalan. “Bibit jagung yang diberi nama jagung madura 3 maupun jagung madura 6 itu merupakan salah satu hasil pengembangan pertanian terbaik di Indonesia,” jelasnya kepada Lingkarjatim.com, Minggu (14/1/2018).

Sejalan dengan tujuan pengembangan dan  peningkatan sektor pertanian tersebut, lanjut anggota DPRD Bangkalan ini, pihaknya selaku pegiat BANGKALAN FORUM akan membantu menyiapkan lahan pertanian untuk penanaman jagung secara massal di Kabupaten Bangkalan. Tak tanggung-tanggung, sekitar 2500 hektar lahan pertanian akan disipakan. “Kelebihan dari jagung hasil riset UTM ini mampu menghasilkan 9 ton jagung perhektarnya. Padahal jagung lokal biasa hanya menghasilkan sekitar 2,5 ton per hektar,” tegas Masudi.

Oleh karenanya, sambung Masudi, BANGKALAN FORUM akan menggunakan jaringan masyarakat petani untuk mensosialisasikan jagung hibrada tersebut sehingga bisa dilaksanakan penanaman massal oleh para petani dan bisa menjadi komoditas unggulan hasil pertanian di Bangkalan.
Ia juga menyampaikan bahwa dibeberapa kabupaten lain program jagung hibrida sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

“Kita sudah lakukan ujicoba di kecamatan Socah, Tragah dan Klampis. Nanti akan terus kita kembangkan ke kecamatan lainnya”, pungkas Masudi. (atep/diq)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Rekruitmen Panwascam Pilkada 2024, Bawaslu Bangkalan : Masih Menunggu Penilaian Bawaslu RI

27 April 2024 - 17:28 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA