Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 21 Mar 2023 15:45 WIB ·

KB TK Al Muslim Gelar Festival Edukasi Air


KB TK Al Muslim Gelar Festival Edukasi Air Perbesar

Siswa-Siswi KB TK Al Muslim mengikuti festival Air. (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Air menjadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Hampir semua kegiatan manusia membutuhkan air. Untuk mengingatkan betapa pentingnya sumber air, maka setiap tanggal 22 Maret selalu diperingati sebagai Hari Air Sedunia.

Karena itu, siswa dan siswi serta guru KB TK Al Muslim memperingati Hari Air Sedunia itu dengan berbagai macam permainan berbahan air. Permainan itu, merupakan permainan edukasi air bagi sekitar 121 siswa dan guru yang meramaikan Hari Air Sedunia itu.

“Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tentang manfaat dan bahaya air, sejumlah sumber air dan cara menghemat air. KB TK Al Muslim menggelar serangkaian kegiatan pembelajaran menarik ini selama 2 minggu. Tujuannya, untuk menguatkan profil lulusan KB TK Al Muslim yaitu Personal excellence, Religious and Social, Living Healthy and Green dan Critical and Creative Thinker,” kata Kepala KB TK Al Muslim, Siti Aminah kepada Lingkarjatim.com Selasa (21/03/2023).

Kata Siti Aminah yang juga mantan Humas Yayasan Al Muslim ini menilai melalui kegiatan menarik yang dikemas para ustadzah KB TK Al Muslim ini para siswa dan siswi sangat tertarik dan antusias. Diantaranya, bermain percobaan sains tentang penjernihan air dengan sederhana, eksperimen pencampuran warna tertuang dalam kegiatan finger painting, permainan gelembung dan lain-lainnya.

“Termasuk permainan pembangunan bendungan air untuk pembangkit listrik, gedung PDAM dan lain-lain di sentra balok. Bahkan siswa menuliskan nama gedung yang dibangun, membuat aneka kreasi wadah air dari loose part. Kemudian, menuliskan nama wadah itu misalnya gelas, botol dan lain-lain. Sekaligus bermain peran tentang hujan dan cara menghemat air,” ujar Aminah.

Hal yang sama disampaikan guru KB TK Al Muslim, Nur Chasanah. Menurutnya, acara tidak hanya itu saja. Akan tetapi seluruh siswa KB TK Al Muslim juga melakukan eksperimen yang sangat menyenangkan. Salah satunya, percobaan ‘Rainbaw Lava’. Para siswa yang aktif mengamati dan menyimpulkan hasil percobaan yang mereka kerjakan.

“Pada puncak pembelajaran topik air, sekolah mengadakan kegiatan Festival Air, sekaligus memperingati Hari Air Sedunia ini,” ucapnya.

Sementara dalam kegiatan yang diikuti 121 siswa dan guru ini, serangkaian kegiatan itu diantaranya melewati terowongan sambil membawa air, menuang air ke dalam botol, menangkap ikan, bermain bubble, membuat roket-roketan, bereksperimen melarutkan zat kedalam air, percobaan sederhana rainbow lawa dan mencuci rak sandal. Selain itu, memcuci balance bike, mencuci little tikes car dan berorasi untuk hemat hemat air.

“Karena menjadi peringatan penting untuk menyadarkan masyarakat, terutama Sang Pemimpin KB TK Al Muslim. Betapa penting menjaga ketersediaan air bersih bagi kelangsungan hidup. Dengan sikap menghemat air ini, diharapkan menjadi kebiasaan yang terus tertanam dalam keseharian siswa. Bukan saat peringatan Hari Air Sedunia saja. Mari mensyukuri air sebagai karunia Allah SWT yang wajib disyukuri dengan cara menghemat dan menjaga kelestariannya,” tukasnya. (Imam Hambali/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Rekruitmen Panwascam Pilkada 2024, Bawaslu Bangkalan : Masih Menunggu Penilaian Bawaslu RI

27 April 2024 - 17:28 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA