Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 28 Feb 2020 11:53 WIB ·

Gegara Virus Corona, Keberangkatan 95 Calon CJU di Bangkalan Terancam Tertunda


Gegara Virus Corona, Keberangkatan 95 Calon CJU di Bangkalan Terancam Tertunda Perbesar

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan, Abd Haris

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Keberangkatan Calon Jemaah Umroh (CJU) tahun 2020 di Kabupaten Bangkalan terancam tidak sesuai jadwal yang sudah ditentukan (tertunda).

Perubahan jadwal itu pasca pemerintah Arab Saudi melakukan penyetopan visa kunjungan dari negara-negara luar pada tanggal 27 Februari 2020 kemarin lantaran ingin melindungi masyarakat Arab Saudi dari Virus Corona.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan, Abd Haris menyampaikan, CJU Bangkalan yang keberangkatannya terancam tertunda sebanyak 95 orang yang terbagi dalam tiga travel.

“Yang terdekat ada tiga travel, yakni tanggal 29 besok 40 orang, tanggal 5 Maret 5 orang dan tanggal 23 Maret 50 orang. Tapi yang jelas tertunda yang tanggal 29 besok,” ujar dia saat dikonfirmasi, Jumat (28/02).

Haris juga mengatakan, penutupan visa untuk Indonesia karena Indonesia termasuk ke dalam 30 negara yang dianggap terjangkit virus Corona oleh pemerintah Arab Saudi.

“Tetapi Kementerian melalui duta besar (dubes) Indonesia di Arab Saudi masih melakukan upaya-upaya pendekatan ke pemerintah Arab Saudi bahwa Indonesia sebenarnya bersih dan screeningnya juga ketat,” kata dia.

Haris juga menghimbau kepada seluruh CJU agar tidak khawatir kehilangan biaya yang sudah dikeluarkan, karena biaya yang dikeluarkan oleh CJU itu tidak akan hangus.

“Ini bukan gagal berangkat, hanya tertunda, jadi uangnya tidak akan hangus,” kata dia.

Haris juga berharap, CJU bisa bersabar dan menunggu kepastian dari pemerintah, karena ini merupakan kejadian yang tak terduga.

“Jangan memaksakan diri, karena bagaimanapun itu adalah kebijakan negara penerima kedatangan kita sebagai jamaah umroh,” ucap dia. (Moh Iksan)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemerintah Sampang Dampingi Pelaku Usaha Kreatif

30 April 2024 - 16:23 WIB

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA