Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 11 Mar 2019 11:35 WIB ·

Khofifah Ingatkan Masyarakat Waspada Fenomena Hidrometeorologi di Bulan Maret


Khofifah Ingatkan Masyarakat Waspada Fenomena Hidrometeorologi di Bulan Maret Perbesar

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menghimbau seluruh masyarakat mewaspadai potensi fenomena  hidrometeorologi hingga pertengahan Maret 2019. Hidrometeorologi dimaksud meliputi banjir, rob, banjir bandang, tanah longsor, dan angin puting beliung.


Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Khofifah menjelaskan bahwa kondisi tersebut akibat beberapa fenomena atmosfer yang terpantau muncul secara bersamaan. Hal ini membawa dampak meningkatnya potensi curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia, salah satunya Jatim.

“Saya himbau kepada nelayan di wilayah selatan Jatim, untuk terus memantau fenomena ini sehingga dapat memastikan keamanan saat melaut, mengingat BMKG menyebutkan terdapat potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di wilayah Jatim bagian Selatan,” kata Khofifah, di Surabaya, Senin (12/3/2019).

Khofifah mengatakan, beberapa hari terakhir wilayah Jatim terus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Akibatnya, belasan daerah di Jatim dilanda musibah banjir, di antaranya Kabupaten Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi, dan Blitar.

Khofifah mengatakan, Pemprov saat ini terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah baik Pusat maupun Daerah yang terdampak. Ia berharap Pemerintah Daerah setempat untuk terus pro aktif dan sigap dalam upaya penanganan bencana banjir.

“Prioritas Pemprov saat ini adalah memastikan seluruh kebutuhan pengungsi dapat tercukupi dengan baik. Mudah-mudahan banjir segera surut sehingga seluruh pengungsi bisa segera kembali ke rumahnya masing-masing,” ujarnya. (Mal/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemerintah Sampang Dampingi Pelaku Usaha Kreatif

30 April 2024 - 16:23 WIB

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA