Survei Pilgub Jatim, Khofifah lebih Populer dibanding Gus Ipul dan Risma

Mochtar W Oetomo, Direktur Survei Surabaya Center

SURABAYA, Lingkarjatim.com-Hasil riset Surabaya Survei Center (SSC) periode Juni 2017 menujukkan bahwa Khofifah Indar Parawansa adalah kandidat paling populer oleh Publik disusul Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Tri Rismaharini (Bu Risma)

Menurut Mochtar W Oetomo, Direktur SSC hal ini menunjukkan sebuah fakta bahwa antara popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas tidak selalu berbanding lurus dan linier. Tren ini semakin membuat strategi kontestasi semakin penuh tantangan dan kompleks.

“Popularitas lebih banyak didorong oleh publisitas media, tidak heran jika politisi artis seperti Anang Hermansyah bisa menempati posisi 4 karena dikenal oleh 67,3% publik Jatim berada di bawah Khofifah Indar Parawansa (90%), Saifullah Yusuf (84,6%) dan Tri Rismaharini (79,8%),” Katanya saat Jumpa Pers di Hotel Yellow Jemursari Surabaya, Rabu (12/07/2017)

Sementara dalam hal aseptabilitas (disuka) Tri Rismaharini memimpin dengan 75,8% dukungan. Disusul dengan Saifullah Yusuf dengan 75,5% dukungan dan Khofifah Indar Parawansa dengan 67,9% dukungan. Berikutnya Mahfud MD dengan 39% dukungan. Sementara elektabilitas (dipilih) teratas ditempati Saifullah Yusuf dengan 26,6% dukungan, disusul Tri Rismaharini dengan 24,1% dukungan dan Khofifah Indar Parawansa dengan 16,8% pemilih. Baru disusul Abdullah Azwar Anas dengan 5,5% dukungan dan La Nyala M Mattalitti dengan dukungan 4,40%.

“Temuan ini sekaligus mengkonfirmasi bahwa seseorang dikenal, disukai masih belum cukup untuk bisa dipilih. Variabel elektabilitas semakin kompleks untuk bisa diprediksi dan semakin membutuhkan pemahaman dan perlakuan strategik yang berbeda. Kandidat tentu harus dan dituntut untuk bisa menerapkan strategi yang tepat jika ingin memenangkan konstestasijelas Mohctar

Survei SSC ini diselenggarakan pada 10-30 Juni 2017 meliputi 38 kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan metode multistage random sampling, mengambil 800 responden dengan margin of error 3,5% dengan tingkat kepercayaan 95%. (Sul)

Leave a Comment