Iman Adalah Sumber Kebahagiaan

Lingkarjatim.com – Sobat. Orang-orang yang berbahagia adalah orang-orang yang selalu menyerahkan hidupnya hanya kepada Allah. Hidupnya, pekerjaannya, keluarganya, usahanya, semuanya hanya untuk mencari ridho Allah. Di situlah inti kebahagiaan. Kalau orang bekerja untuk dipuji manusia, hidupnya akan lelah. Hidup akan bahagia jika semuanya ditujukan hanya kepada Allah SWT.

Sobat. Iman adalah sumber kebahagiaan. Setinggi apa pun ilmu seseorang, tanpa keimanan dan kepercayaan kepada Allah, ilmunya tak akan membawa berkah dan manfaat bagi hidupnya.
Orang yang percaya kepada Allah, hidupnya akan selalu diliputi keyakinan bahwa Allah adalah satu-satunya tujuannya. Karena itulah, ia menyandarkan hidupnya di jalan Allah. Hidupnya diperuntukkan bagi perjuangan agar hidupnya bermanfaat. Perjuangan inilah yang menjadi ruh dan semangat kehidupan yang tidak pernah berhenti.
Allah SWT berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” ( QS. 5 : 35 )

Sobat. Lihatlah setiap peristiwa secara keseluruhan. Jangan sisi negatifnya saja. Pasti ada hal baik dari setiap peristiwa terjadi. Jangan mendahulukan prasangka buruk karena itu adalah sumber kesengsaraan.

Sobat. Ayolah memburu kebahagiaan yang dalam Al-Quran disebut sebagai al-Falah. Banyak jalan kebahagiaan. Kita jalani sesuai kemampuan kita :
• Menjaga kehormatan diri dan keluarga.
• Hidup penuh dengan kesyukuran.
• Sabar menghadapi tantangan hidup.
• Rendah hati dan selalu mengucapkan kebaikan.
• Bekerja keras memenuhi kebutuhan hidup.
• Bertawakal menyerahkan hidup hanya kepada Allah.
• Memaafkan dan menghilangkan dendam.
• Berdzikir dan berdoa
• Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sobat. Hidup adalah perjuangan agar selalu bisa sesuai aturan agama. Itulah hakekat Takwa. Seluruh nafas yang diembuskan, detak jantung, dan segala macam aktivitas yang dilakukan selalu dengan mengindahkan kaidah dan ajaran agama sehingga menghasilkan kebaikkan bagi dirinya, keluarganya, lingkungannya, dan bagi bangsa dan negaranya. Semuanya itu menuju kepada kebaikan hidup di dunia dan akherat.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa !

( Spiritual Motivator – N. Faqih Syarif H, Penulis buku Gizi Spiritual dan The Power of Spirituality. Majelis Kyai PP Al-Ihsan Baron Nganjuk. Sekretaris Komnas Pendidikan Jawa Timur )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here