Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 20 May 2017 04:06 WIB ·

Batik Gajah Mungkur Angkat Kesenian Lokal Gresik


Batik Gajah Mungkur Angkat Kesenian Lokal Gresik Perbesar

foto : Seorang pemilik batik di Kabupaten Gresik menunjukkan hasil karyanya.

GRESIK, LingkarJatim.com – Perkembangan usaha rumah (home industri) batik di Kabupaten Gresik Jawa Timur  kini semakin mengalami perkembangan pesat. Salah satunya adalah rumah batik Gajah Mungkur.  Adalah Ahmad Khoiri, seorang pengusaha Gresik yang menciptakan batik Khas Gresik tersebut.

Menurut Khoiri, batik hasil  produksinya sudah dikenal disebagian instansi pemerintahan Kabupaten Gresik, bahkan sudah diminati oleh beberapa instansi  di luar Jawa untuk digunakan sebagai seragam pegawai.

Lembaga swasta, seperti  sekolah, lanjut Khoiri,juga sudah mulai  order untuk seragam ajaran baru. Selain itu, kabarnya beberapa perusahaan di Gresik  mulai melirik  batik yang berlokasi di Jalan Magetan, nomor 20 GKB ini.

“Batik saya,  sudah dikenal di wilayah Gresik, mulai dari instansi pemerintahan maupun lembaga Swasta seperti sekolah. Bahkan Kita selalu mendapat orderan dari wilayah Samarinda,” terang Khoiri.

Batik yang diproduksi oleh rumah batik milik Khoiri ini memang terbilang unik, pasalnya  terdapat corak khas yg membedakan dengan batik-batik yang lain yaitu gambar kesenian tradisional lokal Gresik, seperti gambar Gajah Mungkur dan Damar Kurung.

Karena  kegigihannya untuk mengangkat kesenian lokal Gresik melalui usaha batiknya, Khoiri berhasil mendapat penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Gresik pada 2015 dan 2016.

“Ini penghargaan yang saya terima dari penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Sambil menunjuk foto yang dipampang diteras rumahnya),” Tambah pria kelahiran  K14 Mei 1975 ini.

Dia berharap, batik hasil karyanya segera berkembang lebih cepat dan mampu dikenal diseluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai Mancanegara.

“Untuk saat ini, saya ada 3 Cabang rumah batik, kedepannya saya ingin disain rumah batik itu, biar semakin banyak warga yang mengenal batik Gajah Mungkur,” Imbuhnya.

Pria yang mengaku menggeluti bisnis batik sejak kecil ini juga menjelaskan, bila rumahnya batiknya sudah  memproduksi berbagai jenis batik, seperti batik tulis, batik Cap, serta Printing. Namun yang paling diminati adalah batik printing. Karena selain harganya yang lebih murah dari batik pada umumnya, kelebihan batik printing yaitu coraknya yang mencolok terang.

“Dibanding ditempat yang lain, Harga batik ini tergolong lebih murah mas, misalnya kain ini ( sambil menunjuk satu batik yang dipajang di rumah batiknya),”imbuhnya. (Ron/nir)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jalan Desa Gemurung-Tebel Rusak, Begini Respon Pemkab Sidoarjo

14 March 2024 - 16:11 WIB

20 Warga Binaan Umat Hindu di Jatim Peroleh Remisi Nyepi

11 March 2024 - 15:54 WIB

GERAK CEPAT MEMBANGUN DESA; KKN 03 STAI AL-HAMIDIYAH BANGKALAN SUKSES TERAPKAN PROGRAM BLUE GREEN ECONOMY

6 January 2024 - 20:24 WIB

Pj Bupati Bangkalan Sebut Petani Jual Hasil Pertanian ke-Surabaya dan Dijual Lagi ke-Bangkalan Sehingga Harganya Menjadi Mahal

20 December 2023 - 10:31 WIB

Siltap Kades Naik Menjadi 5,4 Juta, Ini Alasan Pemkab Bangkalan

7 December 2023 - 14:05 WIB

Dihadapan Kades Se Bangkalan, Safiudin Asmoro Sampaikan Pentingnya Penguatan Sistem Demokrasi di Indonesia

12 November 2023 - 16:23 WIB

Trending di Uncategorized