Pelaksanaan PSU Sepi Pemilih

Foto: Pelaksanaan PSU di Desa Madupat, Kecamatan Camplong, Sampang.

SAMPANG, Lingkarjatim.com– Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Sampang sepi peminatnya. Hal itu terlihat dari tingkat partisipasi pemilih yang hadir di TPS 6 Desa Madupat, Kecamatan Camplong, Kamis (25/4/2019).

Diketahui, PSU di TPS 6 Desa Madupat hanya untuk surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres), sedangkan banyaknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 6 tersebut tercatat sebanyak 238 pemilih dengan rincian terdiri 122 pemilih laki-laki dan 116 pemilih perempuan.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Desa Madupat Nurudin menyatakan, hingga pukul 10.20 WIB ada sebanyak 28 orang yang menggunakan hak pilihnya dari total DPT yang ada. Kondisi tersebut menurutnya lebih sepi jika dibandingkan dengan pemilihan 17 April lalu.

“Kalau dibandingkan kemarin (17 April), sekarang lebih sepi karena hingga pukul 10.20 WIB pagi ini masih belum sampai separuh yang datang ke TPS,” ungkapnya.

Sejauh ini, alasan yang diterima pihaknya lantaran pemilih merasa jenuh karena harus melakukan pencoblosan ulang.

Terpisah, Devisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Sampang Ach Ripto mengaku, PSU yang digelar saat ini terlebih di TPS 3 Desa Trapang masih berjalan normal. Bahkan pihaknya mengklaim kehadiran pemilih mencapai 90 persen.

“Yang kami lihat di form c7, sementara sudah 96 pemilih yang sudah hadir melakukan pencoblosan dari total sebanyak 116 DPT. Artinya jalannya PSU bisa dianggap sempurna karena melebihi 90 persen tingkat kehadirannya,” ujarnya.

Disisi lain, pihaknya tidak memungkiri untuk dua TPS lainnya dinilai masih dibawah harapan, terlebih di Desa Madupat yang saat pencoblosan sepi pemilih.

“Di Desa Madupat, tingkat kehadirannya hanya sekitar 30 persen saja. Kalau yang di Desa Rabasan tingkat kehadirannya sebesar 55 persen,” jelasnya.

Namun demikian, di tiga lokasi TPS penyelenggaraan PSU di wilayahnya ditegaskan aman dan terekendali.

“Untuk jalannya PSU sendiri berjalan lancar dan kondusif,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, adapun surat suara yang digelar PSU saat ini yaitu untuk TPS 3 Desa Trapang hanya pada surat suara Caleg DPR Kabupaten. Kemudian di TPS 6 Desa Madupat hanya pada surat suara pilpres saja. Sedangkan di TPS 9 Desa Rabasan digelar PSU pada semua atau lima surat suara. (Hol/Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here