Puluhan Iring-iringan Perahu Nelayan di Bangkalan Meriahkan Acara Rokat Tasek

Perahu nelayan yang ikut acara Rokat Tasek

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Sekitar 40 perahu nelayan di daerah Bandaran, Bangkalan terlihat beriringan ikut memeriahkan acara Rokat Tasek yang digelar pada Sabtu (31/8/2019).

Perahu-perahu milik nelayan setempat tersebut beriringan menuju tengah laut sisi barat pulau Madura. Selain memuat para warga sekitar, perahu-perahu tersebut juga membawa hasil bumi dan kepala sapi.

Tak hanya itu sejumlah perahu juga terlihat memuat sekelompok orang yang memainkan musik khas Madura. Terlihat keceriaan dari para penumpang perahu.

Alunan musik khas Madura terdengar ditengah-tengah iring-iringan perahu peserta acara Rokat Tasek.

Sesampainya ditengah laut, hasil bumi yang telah ditempatkan di perahu mainan diturunkan dari atas perahu. Kepala sapi yang dibawa juga digantung di kayu yang ada ditengah laut.

Sambil berkeliling sejenak ditengah laut, para nelayan dan warga yang ikut berharap akan diberikan keberkahan saat mencari ikan nantinya.

Ketua Panita Acara Rokat Tasek Imam Ghazali menuturkan bahwa acara Rokat Tasek yang ada di daerahnya tersebut merupakan agenda rutin tahunan.

“Insyaallah ini adalah aganda rutin setiap tahun yang akan kita gelar,” ujarnya.

Kata dia tujuan diadakannya Rokat Tasek tersebut selain untuk ajang silaturrahmi antar warga, jiga diharapkan menjadi destinasi wisata di Bangkalan.

“Yang diharapkan adalah akan memancing para wisatawan untuk ikut memeriahkan acara Rokat Tasek,” imbuhnya.

Filosofi yang bisa diambil dari acara tersebut kata dia adalah sebagai bentuk rasa bersyukur atas segala limpahan rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Hanya sebagai bentuk rasa bersyukur saja atas apa yang telah Allah karuniakan terhadap kita selama ini,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron dan Ketua Sementara DPRD Bangkalan Muhammad Fahad serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here