Pastikan Kesiapan Pengawasan, Panwaslu Situbondo Gelar Raker Hingga Malam Hari

KHiDMAT: Sebelum rakaernis di mulai, para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya.

SITUBONDO, Lingkarjatim.com– Tujuh hari jelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur tahun 2018 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Situbondo melakukan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Panwascam.

Rakernis dilaksanakan di aula lantai 2 pemkab Situbondo. Selain diikuti oleh seluruh Komisioner Panwaslu, Kesekretariatan dan staf Panwaslu Situbondo, juga diikuti oleh tiga orang Komisioner Panwascam, Kepala Kesekretariatan dan staf PHL (Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga) berjumlah 85 orang.

Di sela-sela rakernis Kepala Kesekretariatan Rocky Syahbana menjelaskan, rakernis kali ini menekankan agar PTPS melakukan pengawasan seketat mungkin pada hari tenang atau H-3 pencoblosan.

“Pada hari tenang agar PTPS melakukan pengawasan termasuk pembersihan APK di radius 500 meter kanan kiri TPS,” ujar Rocky, Rabu,20/06/2018.

Selain itu kata Rocky, dalam rakernis ini Panwascam agar segera melakukan mapping area titik-titik rawan pelanggaran.

“Seluruh panwascam segera mendeteksi TPS yang jadi titik rawan pelanggaran pemilihan,” paparnya.

Tidak hanya itu lanjut Rocky, masing-masing PTPS agar mulai melaporkan hasil pungut hitung pada pukul 14.00 di TPS masing-masing kepada PPL secara berjenjang.

“Melalui Sistem Pelaporan Online Pilkada 2018 (SISLO) yang memuat laporan hasil perolehan suara dan hasil pengawasan bisa langsung diunggah pada hari H, secara berjenjang mulai dari Pengawas TPS, PPL, Panwacam dan Panwaskab,” kata Rocky.

Sehingga Bawaslu akan langsung mengetahui hasil perolehan suara berdasakan C1 dan berbagai pelanggaran di lapangan.

Selain itu tambah rocky, rakernis juga membahas surat edaran Sekjen bahwa honorarium PTPS dibayarkan melalui payrool, transfer rekening kemasing-masing PTPS atau master union di kantor pos terdekat. (Yad/Atep/Lim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here