Jadi Tuan Rumah ICONESIA, UTM Perkenalkan Budaya Madura

Hasil tangkapan layar kegiatan ICONESIA 2021

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dipercaya menjadi tuan rumah acara International Conference on English Studies in Indonesia (ICONESIA) tahun 2021.

Kegiatan dua tahunan English Studies Assosiation in Indonesian (ESAI) itu merupakan ajang untuk mempresentasikan hasil penelitian di bidang sastra Inggris, bahasa Inggris dan kajian budaya dari program studi sastra Inggris di seluruh Indonesia.

Bendahara ESAI, Misnadin mengatakan, ICONESIA tahun ini merupakan acara yang kedua setelah dua tahun yang lalu, acara yang sama digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Ini yang kedua kalinya, yang pertama di UGM dan yang kedua sekarang ini kita kebagian di UTM. Seharusnya acara ini digelar secara offline, tapi karena pandemi sehingga harus digelar secara online,” ujarnya, Rabu (17/11/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya FISIB UTM itu juga menjelaskan, kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, yang pertama menghadirkan pembicara dari sejumlah negara, yakni Australia, Republik Ceko, Malaysia, Slovenia dan Indonesia.

Baca Juga :  Pemkab Bangkalan Melarang Masyarakat Membakar Petasan Selama Bulan Ramadhan

“Kemudian sesi kedua adalah presentasi dari pemakalah-pemakalah yang sudah mendaftar dengan topik penelitian bahasa Inggris, kebahasaannya diutamakan bahasa inggris dan kajian budaya itu,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini 17 sampai 18 November besok. Pesertanya sekitar 70 pemakalah. Jadi ini ajang presentasi hasil penelitian dari seluruh program studi sastra Inggris di seluruh Indonesia.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi kita, karena untuk menjadi tuan rumah ICONESIA ini kita harus mengajukan, dan Alhamdulillah di kongres dua tahun yang lalu kita dipercaya menjadi tuan rumah,” katanya.

Selain itu, dia berharap dengan diadakannya kegiatan yang pesertanya dari prodi sastra Inggris di seluruh Indonesia tersebut dia berharap bisa mengenalkan UTM dan Madura dengan berbagai kebudayaannya kepada orang luar.

Baca Juga :  Dihadapan Ribuan Mahasiswa Baru UTM, Anggota DPR RI Safiudin Asmoro Berbagi Motivasi Kebangsaan

“Paling tidak orang-orang dari luar Madura bisa mengenal Madura khususnya UTM sendiri,” ucapnya. (Moh Iksan/Hasin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here