Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 11 Dec 2017 10:53 WIB ·

Tolak Pernyataan Donald Trump di Surabaya, PMII Gelorakan ‘Usir Konjen Amerika’


Tolak Pernyataan Donald Trump di Surabaya, PMII Gelorakan ‘Usir Konjen Amerika’ Perbesar

Massa PMII cabang Surabaya Membakar Ban saat melakukan Aksi

SURABAYA, Lingkarjatim.com– Ratusan mahasiswa dan santri pergerakan yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi demo di depan kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat ( Konjen AS) di kawasan Citraland, Surabaya. Dalam aksinya, PMII Cabang Surabaya mengutuk pernyataan presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang mengakui secara sepihak Yerusalem sebagai Ibu kota Israel.

“Pernyataan Donald Trump yang kontroversial adalah lelucon pemimpin kelas coro dan bukti kepongahan yang luar biasa Amerika Serikat yang melanggar hukum internasional, melanggar resolusi PBB, merusak perdamaian dan menghalangi kemerdekaan Palestina,” ujar Faiz, orator dari massa PMII di depan sisi timur kantor Konjen AS, Senin (11/12/2017).

Mereka juga menuntut untuk memberikan sanksi bagi Presiden AS Donald Trump lewat  pengadilan internasional dan PBB. Selain itu, para mahasiswa ini mengajak masyarakat untuk memboikot produk-produk Amerika di Jawa Timur. Serta menuntut Presiden Jokowi untuk segera memutus hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat.

“Usir Konjen Amerika Serikat dari Bumi Pahlawan (Surabaya),” teriak Abdul Hayyi, Korlap Aksi.

Selama perjalanan, santri pergerakan juga meluapkan aksinya dengan menyemprot jalan raya yang menuju ke gedung Konjen AS dengan cat warna merah, bertuliskan ‘Usir Konjen AS dari Bumi Pahlwan’.

Massa yang sebelumnya beraksi dengan halangan pagar berduri, kemudian berjalan menuju ke gedung melalui seberang jalan.

Massa PMII ini tak bisa melanjutkan aksinya masuk  ke gedung Konjen AS, karena dihadang aparat kepolisian dari Polsek Lakarsantri dan Polrestabes Surabaya. Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan terlihat hadir di hadapan peserta aksi, dan meminta mahasiswa menyampaikan aspirasinya dengan mematuhi peraturan yang berlaku.

Namun saat membubarkan diri, massa PMII melakukan aksi bakar ban. Sebelumnya, para mahasiswa membentuk lingkaran. Ban kemudian diletakkan, diguyur minyak, lalu dibakar. Saat ban terbakar, para mahasiswa melompat-lompat sambil membawa bendera merah putih dan bendera Palestina. Mereka juga turut membakar papan dan kayu yang mereka temukan di jalan.

“Aksi ini adalah bagian langkah kaum pergerakan dalam upaya memerdekakan bangsa Palestina dan menciptakan perdamaian dunia sebagaimana termaktub dalam cita-cita bangsa Indonesia di Pembukaan UUD ’45,” ujar Hayyi.

Aksi ini akan akan terus dilakukan dengan mengajak elemen lain di Surabaya dan Jawa Timur untuk lebih massif dan berani meneriakkan keberpihakan kita pada Palestina. (Sul/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA