Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 22 Mar 2022 10:11 WIB ·

Bupati Sumenep Desak Perangkat Desa Paham Teknologi


Bupati Sumenep Desak Perangkat Desa Paham Teknologi Perbesar

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, Lingkarjatim.com — Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi mendesak perangkat desa di kabupaten berlambang kuda terbang harus paham dan menguasai teknologi. Ia ingin segala bentuk pelayan kepada masyarakat di desa semakin baik, utamanya yang berhubungan dengan digitalisasi.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, sumber daya manusia (SDM) perangkat desa memang perlu ditingkatkan, termasuk dalam kemampuan mengakses teknologi. Selain dalam pelayanan, saat ini pemerintah memang sudah melakukan digitalisasi seperti Program Sistem Informasi Desa Data Integrasi Desa Berdaya (Digdaya).

“Makanya memamg dibutuhkan SDM pada perangkat desa yang memiliki kemampuan dalam mengakses dan mengelola teknologi demi mendorong kemajuan desa lebih baik lagi,” kata suami Nia Kurnia tersebut.

Ia mengatakan, jika SDM perangkat desa bisa mumpuni, maka mereka bisa dengan mudah mengakses seluruh laman yang tersedia pada program tersebut. Karena pada program tersebut mencakup segala aspek kepentingan masyarakat.

“Pemkab telah berinovasi meningkatkan kualitas pengelolaan data desa melalui aplikasi Digdaya. Hal tersebut dalam upaya mempercepat pengelolaan data desa, makanya SDM di desa harus bisa menyambut inovasi itu agar pelaksanaannya bisa dilakukan dengan maksimal, cepat dan akurat,” tambahnya.

Tak hanya itu, Fauzi mengatakan, kemampuan perangkat desa dalam mengakses dan mengelola teknologi, saat ini memang sudah menjadi kebutuhan. Jika hal tersebut bisa terpenuhi, maka dia yakni desa bisa lebih baik dan mandiri.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA