Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 26 Aug 2020 16:25 WIB ·

Satu Orang Meninggal Akibat Sebuah Kapal Tenggelam di Perairan Sumenep


Satu Orang Meninggal Akibat Sebuah Kapal Tenggelam di Perairan Sumenep Perbesar

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Sebuah Kapal Layar Motor (KLM) ‘Obama’ tenggelam di perairan Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Rabu, 26 Agustus 2020. Akibatnya, satu penumpang meninggal dunia, dan dua orang dilaporkan hilang.

“Ada satu penumpang ditemukan meninggal dunia, dan dua penumpang hilang. Ini terjadi setelah kapal disapu ombak dan terguling,” kata Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional Surabaya, I Wayan Suyatna, dikonfirmasi.

Berdasarkan informasi yang diterima Wayan, kecelakaan maut itu bermula ketika KLM Obama, baru saja keluar dari dermaga Pagerungan Kecil menuju Pagerungan Besar. Kapal tersebut mengangkut 15 orang beserta anak buah kapal (ABK).

Nahas, kapal tersebut terguling disapu ombak hingga terguling saat dalam perjalanan tersebut. Sebanyak 13 penumpang bisa diselamatkan, satu meninggal, dan dua penumpang sisanya hilang. “Penumpang selamat kini dirawat di Pustu Pagerungan Kecil. Sementara satu penumpang dinyatakan meninggal dunia, yaitu Iyat (27), warga Pegerungan kecil,” ujarnya.

Dua penumpang lainnya dinyatakan hilang dan masih dalam proses pencarian, yaitu Azmi (3), warga Pagerungan Kecil, dan Bustomi (45), warga Kayuaru. Nelayan dan tim SAR setempat masih melakukan pencarian terhadap kedua penumpang yang hilang tersebut.

Berdasarkan video dokumentasi Basarnas Surabaya dari lokasi, memang di lokasi kejadian terlihat ombak besar bergulung-gulung. Satu kapal penuh penumpang terlihat terombang-ambing dihantam ombak. Tak lama kemudian, kapal tersebut tenggelam sehingga para penumpangnya terhempas.

Berdasarkan prakiraan cuaca maritim di perairan Jawa Timur pada 27 Agustus 2020 Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatim, mengingatkan perlunya tingkat kewaspadaan akan potensi tingginya gelombang lebih dari 2,5 meter di Perairan Kalimantan Tengah bagian timur, Laut Jawa Bawean, Laut Jawa Barat dan Timur Masalembo, Perairan Kepulauan Kangean, Perairan selatan Jawa Timur, serta Samudera Hindia selatan Jatim. (Amal Insani)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA