Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 25 Apr 2020 14:36 WIB ·

Fungsi Rapid Tes Dipertanyakan, Ini Penjelasan Dokter Catur Syamrabu


Fungsi Rapid Tes Dipertanyakan, Ini Penjelasan Dokter Catur Syamrabu Perbesar

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Fungsi rapid tes menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Bangkalan dalam beberapa hari terakhir. Bahkan hasil dari rapid tes itu juga sempat menimbulkan kontroversi di kalangan pejabat Bangkalan.

Pembahasan hingga kontroversi itu lantaran fungsi rapid tes itu masih simpang siur di kalangan masyarakat, sehingga masyarakat menjadi khawatir, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Untuk menjawab kesalahpahaman fungsi rapid tes di tengah masyarakat, ketua satgas Covid-19 RSUD Syamrabu Bangkalan, dokter Catur Budi menjelaskan fungsi sebenarnya dari alat itu.

Dokter Catur menjelaskan, rapid tes adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi awal potensi adanya Covid-19 di dalam tubuh seseorang dengan melihat antibodinya.

Jika seseorang terkena Corona, maka antibodi dalam tubuhnya akan merespon, nah dari antibodi itu muncul kadar. Kalau pertama kena, kadarnya masih kecil kemudian membesar perlahan sampai puncaknya di hari ke 14.

“Jadi ketika rapid tes itu dilakukan pada awal dengan kadar yang kurang maka hasilnya bisa negatif. Tapi hasil rapid tes negatif tidak memastikan seseorang tidak terkena Corona, begitupun sebaliknya,” jelas dia, Sabtu (25/04).

Dokter Catur juga memaparkan, rapid tes itu akan positif terhadap golongan-golongan virus corona. Namun tidak semua virus Corona itu berarti Covid-19 karena virus Corona itu banyak sekali. Menurut dia Corona yang menyebabkan penyakit itu adalah corona yang bermutasi sehingga disebut Covid-19.

“Jadi hasil rapid tes positif pun tidak memastikan positif Covid-19, karena rapid tes itu didesign khusus Corona, tapi tidak semua virus Corona itu Covid-19,” kata dia.

Dokter spesialis paru itu menegaskan, rapid tes itu istilahnya screening awal untuk memilah kira-kira potensi menuju Covid-19, tidak memastikan seseorang terjangkit Covid-19

“Yang bisa memastikan adalah swab/PCR, karena Covid-19 itu adalah virus Corona yang khusus,” tegasnya. (Moh Iksan)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA