Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 24 Feb 2020 06:41 WIB ·

Soal Rekrutmen PPS, Bawaslu Ingatkan KPU Gresik Tidak Ceroboh


Soal Rekrutmen PPS, Bawaslu Ingatkan KPU Gresik Tidak Ceroboh Perbesar

Bawaslu Gresik

GRESIK, lingkarjatim.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Gresik menyoroti proses Rekrutmen penyelenggara adhoc tingkat desa (PPS/ oleh KPU setempat.

Ketua Bawaslu Gresik Imron Rosyadi menilai proses rekrutmen kacau karena ada petugas di kecamatan yang tidak ditunjuk KPU namun ikut campur dalam rekrutmen PPS. Misalnya ikut menerima berkas pendaftaran

Menurut Rosyadi ada indikasi proses rekrutmen di kecamatan mal administratif. “Ini jelas kecerobohan besar yg dilakukan oleh KPU Gresik. Mereka tdk mempunyai legal standing untuk menerima berkas, mereka bukan penyelenggara, bagaimana KPU bisa seceroboh ini, proses ini jelas sembrono,”  kata dia.

Dalam situs resmi KPU Gresik ini – https://kab-gresik.kpu.go.id/2020/02/daftar-pps-bisa-melalui-kantor-kecamatan – KPU mengajak para camat terlibat aktif dalam recruitmen PPS hanya dalam koridor menfasilitasi pendaftar agar pelayanan public KPU Gresik semakin mudah dan terbuka.

Dengan melibatkan kecamatan, para pendaftar dari kecamatan jauh tidak perlu datang ke kantor KPU dan cukup mendaftar dan menyerahkan persyaratan ke masing-masing kecamatan.

Menurut Imron Rosyadi, niat baik  KPU Gresik itu harus diimbangi dengan kontrol, guna mencegah pelanggaran di setiap tahapan. Bawaslu sendiri telah membuat  himbauan tertulis ke KPU agar memperbaiki proses perekrutan PPS.

“Ada undang undang, ada PKPU yg mengatur rekrutmen penyelenggara, bagaimana bisa KPU tidak menganut kepastian aturan itu semua” ujar ketua bawaslu kabupaten Gresik. (M Khudhaifi)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bermodal Kedekatan dengan Gus Halim Iskandar, Mas Umam Percaya Diri Akan Mendapatkan Rekom Calon Wagub Sidoarjo

3 May 2024 - 22:33 WIB

Mantan Bupati Probolinggo Kembali Tersandung Kasus, Kali Ini Diduga Menerima Gratifikasi dan Pencucian Uang

2 May 2024 - 18:00 WIB

Beda Keterangan Pj Bupati dan Plt Kepala Disdag Bangkalan, Pedagang Pasar Ancam Demo Besar-besaran

2 May 2024 - 15:04 WIB

Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi UTBK UTM

30 April 2024 - 20:54 WIB

Pemerintah Sampang Dampingi Pelaku Usaha Kreatif

30 April 2024 - 16:23 WIB

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA