Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 14 Oct 2019 06:07 WIB ·

Hak Interpelasi Dibahas di Bamus, Namun Bukan Prioritas


Hak Interpelasi Dibahas di Bamus, Namun Bukan Prioritas Perbesar

Ketua DPRD Sumenep, A Hamid Ali Munir

SUMENEPLingkarjatim.com, Ketua DPRD Sumenep, A Hamid Ali Munir memastikan hak interpelasi terhadap Bupati Sumenep, A Busyro Karim terkait Perbup Pilkades dipastikan dibahas di Bamus hari ini (Senin, 14/10). Hamid mengatakan, hak interpelasi sudah dibahas dilevel pimpinan.

“Semuanya (dibahas, red) tidak hanya interpelasi. Interpelasi itu ranahnya nanti dibicarakan dengan Bamus. Bamus yang menjadwal. Sudah dipimpinan kita bahas,” kata Hamid, Senin (14/10).

Kendati demikian, Hamid mengatakan, prioritas pembahasan di DPRD Sumenep saat ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep tahun 2020. Kata dia, hak interpelasi hanya diajukan oleh sebagian anggota DPRD dari sebagian fraksi.

“Kalau berbicara prioritas ya APBD murni. Karena itu tanggung jawab dan kewajiban kita sebagai anggota dewan,” tambah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Kata Hamid, saat ini banyak agenda di DPRD Sumenep yang mesti dibahas. Mekanisme hak interpelasi sendiri, setidaknya harus melalui enam kali paripurna untuk pengambilan keputusan.

“Kalau interpelasi itu adalah bagian, tidak semuanya, kebagian daripada anggota mengusulkan dari fraksi-fraksi,” kata Hamid.

Sebelumnya, lima fraksi di legislatif, fraksi PDI Perjuangan, Demokrat, Gerindra, PAN, dan gabungan Nasdem Hanura Sejahtera mengajukan hak interpelasi terhadap Perbup Sumenep nomor 54/2019 yang mengatur Pilkades.

Sejumlah fraksi itu menganggap terdapat sejumlah permasalahan di Perbup tersebut. Diantaranya perubahan Perbup yang mencapai dua kali dalam waktu singkat, hal itu dianggap membingungkan di masyarakat sehingga perlu dipertanyakan sandaran yuridisnya.

Selain itu, dalam Perbup tersebut dinilai terdapat sabotasi terhadap demokratisasi. Serta Perbup tersebut dinilai dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Terbukti seperti di Desa Aeng Baja Kenek dan Sera Timur beberapa waktu lalu. Serta beberapa permasalahan lainnya. (Abdus Salam)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA