Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 18 Aug 2019 00:34 WIB ·

Peringati Hari Kemerdekaan, 5.000 Orang Makan Polopendem di UINSA


Peringati Hari Kemerdekaan, 5.000 Orang Makan Polopendem di UINSA Perbesar

Pelaksanaan Upacara HUT RI ke 74 di UINSA

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Pada HUT RI ke 74 sebanyak 5000 lebih peserta upacara dari unsur Dosen, Pegawai, dan mahasiswa baru UINSA memakan polopendem yakni makanan tradisional yang terdiri dari ketela, ubi dan kacang-kacangan yang sudah direbus.

Ahmad Muzakki Dekan FISIP mengatakan masyarakat sekarang sudah hidup di era revolusi industri 4.0 yang banyak distrupsi. Perayaan upacara dengan memakan polopendem ini ingin mengingatkan bahwa meskipun pencapaian diera modernitas sudah didapatkan sedemikian rupa tapi jangan lupa bahwa masyarakat bisa hidup karena menghirup udara atas kemakmuran Indonesia.

“Dengan memakan polopendem sebagai simbolik ucapan terima kasih kepada seluruh warga bangsa dan leluhur, karena polopendem ini khas Indonesia bukan barang impor mari kita song-song kemajuan Indonesia dengan tetap menginjakkan kaki kita pada aset dan potensi Indonesia,” katanya usai mengikuti upacara di Halaman Twin Tower UINSA, Sabtu (17/08/2019).

Ketua Dewan Pendidikan itu berujar Upacara ini penting untuk mengembalikan jati diri bangsa, bahwa kemerdekaan yang diperoleh Indonesia bukan karena pemberian melainkan dengan perjuangan.

“Upacara ini ingin mengembalikan ruh kebangsaan bahwa kita lahir karena perjuangan,” ujarnya.

Sementara itu Wahidah Siregar Wakil Rektor 1 UINSA berpesan pada mahasiswa agar nantinya jangan bermalas-malasan untuk belajar dan berproses sebagaimana fungsinya sebagai mahasiswa.

“Sedih kalau lihat anak malas-malasan. Orang tuanya sudah banting tulang, kenapa mereka malas-malas di sini,” ungkapnya.

Wahidah berharap dengan momentum 17 agustus ini mahasiwa baru yang akan memasuki perkuliahan di hari senin mendatang menyadari fungsinya sebagai mahasiswa dan terus belajar.

“Ayo usahakan untuk bergerak untuk belajar. Fondasi Islam dikuatkan, fondasi bahasa dikuatkan. Dan saya selalu mengatakan kampus itu sebuah proses bukan tujuan akhir. Tujuan akhir itu di masyarakat. Guru yang berhasil adalah anak didikannya lebih hebat dari dirinya,” pintanya. (Sul/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ra Imam Siap Menjadi Calon Bupati Bangkalan di Pilkada 2024

5 May 2024 - 12:45 WIB

Upacara Hardikans, Disdik Sampang Mengajak Semua Elemen untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan yang Lebih Baik

4 May 2024 - 13:29 WIB

Tarif Harga Dasar Air Tanah di Sampang Naik yang Awalnya 350 Sekarang 3000 Per Kubik, Ternyata Ini Penyebabnya

4 May 2024 - 07:24 WIB

Bermodal Kedekatan dengan Gus Halim Iskandar, Mas Umam Percaya Diri Akan Mendapatkan Rekom Calon Wabup Sidoarjo

3 May 2024 - 22:33 WIB

Mantan Bupati Probolinggo Kembali Tersandung Kasus, Kali Ini Diduga Menerima Gratifikasi dan Pencucian Uang

2 May 2024 - 18:00 WIB

7 Kali Berturut-turut Raih WTP dari BPK, Pj Bupati: Semoga Menjadi Motivasi

2 May 2024 - 17:56 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA