Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 21 Apr 2018 04:02 WIB ·

Jembatan Ambrol, Soekarwo Minta Menteri PU Aktifkan Kembali Jembatan Timbang


Jembatan yang roboh Perbesar

Jembatan yang roboh

Jembatan yang roboh

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengecek seluruh jembatan nasional yang di Jatim. Ini bertujuan agar kejadian seperti ambruknya Jembatan Widang tidak terulang.

“Saya sudah kirim surat ke Menteri PU, isinya bahwa semua jembatan yang ditangani pusat yang ada di Jatim harus dicek,” kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, (21/4).

Tak hanya jembatan lama, Pakde Karwo juga berharap Kementerian PU juga mengecek kondisi jembatan yang baru dibangun. Ini menyusul ambruknya jembatan tol baru di Manado baru-baru ini.

“Jadi semua jembatan baik yang sudah lama atau yang masih baru, harus dicek,” ujarnya.

Tak hanya itu, Pakde Karwo juga mengusulkan agar seluruh jembatan timbang diaktifkan kembali untuk mengontrol tonase muatan truk besar. Selama ini jembatan timbang di Jatim sudah banyak yang tidak aktif.

“Jembatan timbang harus diaktifkan lagi. Hasil analisa pak Kapolda benar bahwa jembatan timbang harus diaktifkan,” katanya.

Jembatan Widang adalah jembatan yang melintas di atas sungai Bengan Solo, penghubung Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, dengan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, ambruk sekitar pukul 10.45 WIB, pada Selasa, 17 April 2018.

Saat kejadian, ada 1 dum truk muat limbah smelter, 2 truk muat pasir, dan 1 unit kendaraan roda sedang melintas di jembatan kembar tersebut. Akibatnya, satu orang tewas setelah terjebak di dalam truk yang ikut terjun ke Sungan Bengawan Solo.

Jembatan itu merupakan akses utama penghubung Kabupaten Tuban dan Lamongan. Saat ini, para pengguna jalan harus memutar melalui jalur Brondong Pantura jika ingin ke Tuban atau sebaliknya ke Lamongan. (Mal/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Jelang Pilkada, PDIP Bangkalan Buka Pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Bangkalan

28 April 2024 - 14:14 WIB

Ikut Pengajian Akbar Bersama Gus Iqdam, Wabup Sidoarjo Himbau Masyarakat Guyup Rukun Jelang Pilkada 2024

27 April 2024 - 18:34 WIB

Rekruitmen Panwascam Pilkada 2024, Bawaslu Bangkalan : Masih Menunggu Penilaian Bawaslu RI

27 April 2024 - 17:28 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA