Tujuh Parpol Diverifikasi Faktual oleh KPU Banyuwangi

KPU Banyuwangi melakukan verifikasi faktual di kantor DPC PDIP

BANYUWANGI, lingkarjatim.com – Verifikasi faktual dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Banyuwangi terhadap partai calon peserta pemilu 2019 hari ini Selasa (30/1/2018). Selama sehari penuh setidaknya ada tujuh partai yang diverifikasi.

Salah satu partai yang sudah didatangi yaitu DPC PDI Perjuangan Banyuwangi. Setibanya KPU langsung mendata kartu keanggotaan partai satu-persatu.

Menurut, Edi Saiful Anwar, Komisioner KPU Banyuwangi, Verifikasi dilakukan mulai dari ketua dan seterusnya. “Kita lakukan verifikasi Kepengurusan partai. Mulai dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara hingga seluruh anggota yang ada dalam SK partai,” katanya di DPC PDIP.

Verifikasi ini menurutnya dilakukan sejak hari Selasa (30/1/2018) hingga Kamis (1/2/2018). Tujuh parpol yang diverifikasi yaitu PDI Perjuangan, Golkar, PKB, PKS, Demokrat, Hanura dan Gerindra. “Yang lain setelahnya, kita lakukan verifikasi hingga tanggal 1 Februari,” jelas Edi.

Verifikasi yang dilakukan KPU Banyuwangi tidak hanya di kepengurusan partai saja. KPU juga meneliti keterwakilan 30 persen perempuan. KPU juga melihat status kantor dan kelengkapan partai lainnya.

“Domisili dan status kantor ditunjukkan dengan sertifikat dan domisili daerah setempat. Sementara sampel keanggotaan kita lihat dari KTA dan KTP elektronik,” pungkas Edi. (nur/lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here