Patron Tokoh Disebut Dalang Utama Menuju Kursi DPRD Sampang

Gedung DPRD Sampang

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Dominasi wajah baru dikursi wakil rakyat DPRD Kabupaten Sampang periode 2019-2024 dianggap fenomina alami dalam kontestasi politik lima tahunan Kota Bahari. Sebab komposisi anggota yang masuk dalam tataran parlemen tidak lepas dari peran patron tokoh yang menjadi sosok sentral penentu kemenangannya.

“Sama saja tidak ada bedanya apakah wajah baru atau lama yang duduk dikursi DPRD Sampang selama lima tahun kedepan,” kata Penasehat Haryono center, H. Haryono Abdul Bari, Selasa (13/08/19).

Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya keberadaan patron tokoh di Kabupaten Sampang dalam dunia politik masih sangat mendominasi. Alhasil banyak calon anggota legislatif yang memilih lompat partai hanya untuk mendapat restu dari tokoh yang memiliki pengaruh kuat diberbagai sektor lapisan masyarakat.

“Ada garansi yang menjadi jaminan untuk terpilih, maka jangan heran banyak kader partai yang rela meninggalkan partainya hanya karena instruksi tokoh yang ada,” tambahnya.

“Artinya jelas, tingkat pemilih di Kabupaten Sampang bukan berdasarkan kualitas dan elektabilitas calon yang ada, tapi melihat siapa tokoh yang berada dibelakang calon yang bersangkutan,” timpalnya.

Dijelaskannya, dalam kondisi tersebut  menunjukkan bahwa teori pemilih rasional masih tertinggal jauh dari pemilih struktural, bahkan keberadaan partai politik juga tidak mampu membendung keperkasaan tokoh yang ada dibelakangnya.

“Teori politik belum saatnya digunakan di Kabupaten Sampang hingga saat ini, karena siapa yang berada dibelakangnya maka ada garansi untuk lolos,” tegasnya.

Lebih lanjut ia memprediksi selama lima tahun parlemen kota Sampang, akan terjadi keterlambatan dalam sisi pengawasan terhadap eksekusif, hal tersebut dilihat dari jumlah anggota yang ada, dimana 30 kursi diisi wajah baru yang jelas harus meraba-raba dari awal untuk masuk kedunia politik parlemen.

“Hingga pertengahan periode saya rasa belum berjalan maksimal peran dari wakil rakyat, selain masih baru, mereka merupakan wajah baru di politik Sampang,” tandasnya. (Hyd/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here