H-1 Pemilu, Pendistribusian Undangan C6 di Sampang Belum Merata

Warga Desa Meteng, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, yang tidak mendapat C6 mengadu ke tokoh setempat

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Jelang H-1 Pemilu serentak 2019, Formulir C6 atau Surat Undangan Memilih di Desa Meteng, tidak sampai pada warga secara merata. Bahkan di Desa Kamondung, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, ada 20 kepala keluarga (KK) undangan C6 yang hendak di distribusikan pada warga dirampas oknum tidak bertanggungjawab dari tangan petugas.

Abdul Hadi (39), warga Dusun Bujin, Desa Meteng, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang mengatakan hingga sore ini ia sekeluarga belum menerima C6 untuk pemilu besok. Kuat dugaan tidak tidak meratanya undangan ini dilakukan olej oknum petugas ditingkat Desa.

“Kami berharap pada pihak terkait untuk menegakkan aturan yang ada demi kondusifitas pemilu di level Desa,” ujarnya, Selasa (16/4/2019).

“Bahkan di Dusun lain, Dusun Mlakah dan
Dusun Kokon, Desa Meteng, hingga sore ini masih banyak yang belum menerima C6, padahal pemilu sudah akan digelar besok, kami berharap petugas mulai tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten segera menindaklanjutinya,” jelas Abdul Hadi.

Sementara di Desa Kamondung, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, pendistribusian C6 yang dilakukan petugas dirampas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Seruji (55) salah satu tokoh Desa Kamondung, saat ditemui membeberkan ada peristiwa perampasan C6 oleh oknum yang tidak bertanggungjawab dari dua petugas atas nama Besik dan Abdul Mudi, di Dusun larangan laok, Desa kamondung, untuk TPS 11, 12,13,14,15, dan 16.

“Kondisi ini membuat warga Desa Kamondung tidak tenang jelang H-1 pemilu 2019, kami berharap pada pihak yang berwenang untuk menindaklanjuti agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan,” harapnya.

Sementara Muaddom, komisioner Pengawas Kecamatan (Panwascam), Omben, Kabupaten Sampang saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan belum meratanya pendistribusian C6 karena di Kecamatan Omben terdiri dari 20 Desa.

“Masih ada waktu hari ini hingga pukul 00.00 Wib,” katanya.

Lanjut Muaddom, terkait peristiwa perampasan C6 di Desa Kamondung, ia mengaku belum mengetahui kabar tersebut. Ia akan cek langsung melalui petugas PPL di tingkat Desa.

“Karena sampai saat ini kami belum mengetahui kronologis tersebut,” kelitnya.

Sementara berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang, Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019, Desa Meteng, Kecamatan Omben, berjumlah 6.146 tersebar di 24 TPS. Sedangkan Desa Kamondung, Kecamatan Omben, jumlah total DPT sebanyak 5.790 tersebar di 22 TPS. (Hol/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here