Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 18 Aug 2023 18:07 WIB ·

UTM dan RSUD Bangkalan MoU Rencana Pendirian Fakultas Kedokteran


UTM dan RSUD Bangkalan MoU Rencana Pendirian Fakultas Kedokteran Perbesar

Penandatanganan MoU UTM dan RSUD Bangkalan (Foto : Istimewa)

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Di momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, perguruan tinggi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Ratu Ebu Bangkalan menjalin kerjasama untuk rencana pendirian fakultas kedokteran di UTM.

“Secara spesifik, ini bagian dari ikhtiar memenuhi kelengkapan persyaratan dalam pengajuan Fakultas Kedokteran,” Ucap Dr. Safi’ selaku rektor UTM, Jum’at (18/8/23).

Safi’ sapaan akrabnya mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada direktur serta jajaran RSUD Syamrabu, karena permohonannya disambut dengan baik, cepat dan bahkan diluar ekspektasi. Pasalnya, RSUD siap membantu memenuhi kelengkapan persyaratan, seperti laboratorium serta tenaga dokter yang akan dijadikan dosen di fakultas kedokteran yang sedang direncanakan.

“Kami sangat berterimakasih kepada RSUD Syarifah Ambami telah merespon dengan baik, bahkan melebihi ekspektasi dimana RSUD siap membantu mencari SDM dalam rangka pemenuhan kelengkapan persyaratan serta support untuk kebutuhan laboratorium nya,” Jelasnya.

Meskipun penuh dengan keterbatasan, UTM tetap berani mengambil langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang kedokteran di Indonesia, khususnya di pulau Madura.

“Meskipun penuh keterbatasan, namun tidak mengurangi semangat kami untuk mewujudkan keinginan dari masyarakat agar ada fakultas kedokteran di UTM ini,” Ujarnya.

Pria kelahiran Sumenep itu juga menjelaskan bahwa sebagian persyaratan sudah terpenuhi seperti rumah sakit tipe B pendidikan baik RSP Utama dan RSP satelit, dan juga fakultas kedokteran yang terakreditasi unggul yang siap menjadi pendamping bagi UTM.

“Alhamdulillah kami sudah dapat syarat khusus ada RSP utama, ada RSP satelit, kemudian juga harus ada FK pendamping yang sudah terakreditasi unggul alhamdulillah proposal kami ke Fakultas Kedokteran UB juga sudah disambut dengan baik, tinggal tindak lanjut administrasi nya,” Kata Safi’.

Selain itu, pihaknya menargetkan akhir tahun ini bisa di submit ke kementrian dan tahun depan sudah bisa dilakukan visitasi lapangan, pihaknya berharap saat dilakukan visitasi lapangan nanti sudah ada rekomendasi izin.

“Harapannya tahun depan visitasi lapangan itu sudah ada rekomendasi berupa izin, semoga sesuai dengan keinginan kami,” Tandasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peringati Hari Buku Nasional SMA Al Muslim Berbagi Buku Karya Siswa di Perpustakaan Sidoarjo

15 May 2024 - 16:15 WIB

Sejak Tahun 2022, Ratusan Kepala Sekolah di Sampang Dibiarkan Kosong

13 May 2024 - 12:32 WIB

Siswa SMP Al Muslim Kembali Mengukir Prestasi Dikancah Internasional

6 May 2024 - 11:48 WIB

Upacara Hardikans, Disdik Sampang Mengajak Semua Elemen untuk Mewujudkan Mutu Pendidikan yang Lebih Baik

4 May 2024 - 13:29 WIB

Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi UTBK UTM

30 April 2024 - 20:54 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA