Cooking Challenge SMA Al Muslim untuk Menyemarakkan Ramadan Festival

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Ramadan Festival sebagai rangkaian kegiatan SMA Al Muslim Jatim sebagai giat positif dimulai pada 12 Maret-11 April 2023 bertema “Blissful Ramadan” dengan menampilkan beberapa konten seperti cooking, art, healthy, lifestyle, QnA, experiment, Islamic preaching, exemplary story, dan masih banyak lainnya.

“Ramadan Festival merupakan kegiatan lanjutan Al Muslim Jatim dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan yang diadakan tiap tahunnya. Harapan kami, siswa dapat menambah ketakwaan serta mengetahui lebih jauh seputar Islam,” terang Mahmudah Kepala SMA Al Muslim, melalui rilisnya, Kamis (14/03/2024).

Menurutnya, semarak Ramadan Festival sendiri diisi oleh siswa Al Muslim Jatim disesuaikan dengan potensi bakat dan minat yang mereka miliki. Bukanlah perkara yang sulit untuk menghasilkan sebuah konten video, tetapi juga bukanlah perkara yang mudah. Sebab, diperlukan pemilahan talenta video, penyusunan hingga penelaahan skrip, pengambilan gambar dengan penyesuaian konten, proses penyuntingan konten video, hingga telaah kembali video yang sudah dibuat. Dalam menghasilkan suatu video konten, guru sebagai sie konten berupaya optimal dalam berkoordinasi menyelesaikan sebuah video sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

“Hal ini tentunya tidaklah mudah, membutuhkan upaya koordinasi dengan siswa dan tim video, kemudian melalui proses sunting dan telaah, hingga akhirnya berhasil diunggah dalam media sosial,” ucapnya.

Video yang diunggah kali pertama Ramadan ini adalah Cooking Challenge dengan judul “Helathy Food under 30K”. Dalam video ini memuat cara membuat makanan sehat di bawah Rp30.000,00 yang diisi oleh Muhammad Arayyan Chandra dan Rassya Aria Arashy dari kelas XI Al Hakam. Seperti yang telah diketahui bahwa sehat itu tidak harus mahal, dalam video konten tersebut menumbuhkan kesadaran menjaga kesehatan melalui makanan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

“Terlebih semangat berhemat di bulan Ramadan ini digaungkan karena seringkali merasa “boncos” padahal melaksanakan puasa tiap harinya,” tukasnya.(Imam Hambali/Hasin)

Leave a Comment