Pengurus KONI Bangkalan Dilantik, Menpora: Utamakan Cabor yang Masuk Olimpiade

Prosesi pelantikan KONI Bangkalan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com -Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur periode 2019-2023 resmi dilantik, Jumat (31/01).

Pelantikan yang digelar di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) itu dihadiri langsung oleh menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali.

Zainuddin Amali menyampaikan, tugas pengurus KONI tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dikerjakan. Menurut dia, olahraga itu harus diurus dengan senang hati.

“Kalau diurus dengan senang, gembira dan enjoy, maka prestasi akan muncul,” ujar dia usai prosesi pelantikan.

Pria yang akrab disapa ZA itu meminta kepengurusan KONI Bangkalan yang baru agar menjalin solidaritas yang tinggi di internal kepengurusannya.

“Saya minta kepengurusan yang baru ini harus solid, karena kalau tidak solid maka akan sulit mencapai prestasi,” kata dia.

Ketua KONI yang baru, lanjut dia, harus bisa memimpin pengurusnya dan bisa mendengarkan masukan-masukan dari berbagai pihak.

Baca Juga :  Bangkitkan Perseba, Ra Latief Langsung Pasang Target Lolos Divisi II

“Kita berharap ke depan prestasi-prestasi akan tercipta di Kabupaten Bangkalan,” lanjut dia.

Selain itu, ZA juga berpesan kepada Bupati Bangkalan untuk lebih konsentrasi terhadap cabang olahraga (cabor) yang memungkinkan untuk bisa berprestasi, lebih-lebih cabor yang dipertandingkan di olimpiade.

“Tolong dipilih cabor yang berpotensi di Bangkalan dan itu yang dikembangkan. Jangan semua cabor dikembangkan, karena itu pasti tidak maksimal,” kata dia.

“Karena peraturan olahraga nasional begitu, jadi setiap pemerintah daerah punya kewajiban untuk mengembangkan cabor yang memang di tempat itu menjadi potensi atau talenta atletnya,” tambah dia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bangkalan, Fauzan Jakfar menyampaikan, pelantikan dan launching tim Perseba itu merupakan jawaban terhadap kegundahan masyarakat Bangkalan.

“Hari ini kita jawab kegundahan masyarakat Bangkalan tentang keolahragaan di Bangkalan,” ujar dia.

Baca Juga :  Musorkab Bangkalan Akan Pilih Ketua KONI Baru, Ini Kandidatnya!

Fauzan juga mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan pemetaan potensi cabor yang ada di Bangkalan.

“Setelah kita ketahui potensinya seperti apa, kita akan melakukan pembinaan skala prioritas,” kata dia.

Mantan ketua KPU Bangkalan itu juga mengatakan, cabor yang menonjol akan terus kita dorong untuk memperoleh prestasi.

“Tetapi juga tidak mengabaikan cabor yang lain, yang belum berpotensi juga akan kita dorong agar bisa berprestasi juga,” ucap dia

Dia juga mengaku, dalam waktu dekat dia akan menginventarisir dan menarik atlet Bangkalan yang berprestasi namun tidak mewakili Bangkalan agar juga dapat mengharumkan nama Bangkalan. (Moh Iksan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here