Ini Tips Dokter Selly Agar Badan Tetap Bugar di Bulan Ramadhan

Dokter Selly Enia Amalia

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah ini tentu membuat pola makan berubah, setidaknya selama satu bulan penuh.

Salah satu dokter Umum yang membuka Klinik Tri W Skincare & Apotik di Jalan Hos Cokroaminoto II No 06 Bangkalan Dokter Selly Enia Amalia, memaparkan beberapa tips agar tetap kuat dan bugar selama menjalani puasa.

Pertama, Saat berbuka puasa memulai dengan makanan yang manis. Pasalnya, makanan atau minuman yang manis merupakan sumber kalori yang mudah untuk diolah tubuh dengan cepat.

Itu sebabnya pada saat berbuka puasa sebaiknya segera membatalkan puasa dengan mengonsumsi sesuatu yang manis-manis.

“Sehingga energi dan stamina tubuh kita yang sempat menghilang dapat segera kembali,” ucap Dokter Selly.

Kedua, hindari meminum air dingin atau es, karena menyebabkan perut kembung. Khusus untuk mereka yang beraktivitas lebih di anjurkan banyak minum air putih agar cepat di serap oleh tubuh.

“Air putih berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, sehingga tidak terjadi dehidrasi,” ujar Dokter Selly.

Selain itu kata Dokter Selly, mengkonsumsi makanan bergizi agar tubuh tetap sehat dan juga minum vitamin.

“Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan kambing, terutama jenis makanan yang mengandung daging merah secara berlebihan,” ungkapnya.

Lakukan olah raga ringan seperti joging atau bersepeda 15 menit sampai 20menit. Sebab, bulan puasa bukan berarti jadwal olahraga juga harus puasa. Dengan berolah raga tubuh akan lebih fit dan bugar.

“Yang perlu diperhatikan adalah porsi olahraga. Selama berpuasa lakukan olah raga yang ringan. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh kita,” jelasnya.

Tidur atau istirahat yang cukup, jika tidur malam dirasa kurang bisa meluangkan waktu tidur siang hari 20 sampai 30 menit untuk melakukan Power nap di siang.

“Walau tidur siang anda singkat yang penting itu beraktivitas, karena bisa memulihkan energi. Semoga tips ini bisa menjaga kesehatan Selama ramadhan,” pungkasnya. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here