Gubernur Jatim Lantik Empat Pj Bupati, Salah Satunya Pj Bupati Bangkalan

Gubernur Jatim foto bersama dengan empat Pj Bupati yang baru dilantik

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo pelantik empat Pejabat (Pj) Bupati menganggantikan Bupati di empat Kabupaten di Jawa Timur yang telah habis masa jabatannya. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (13/3/2018) pagi.

Salah satu yang dilantik adalah Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh yang sebelumnya sebagai Kepala Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Pamekasan.

Selain itu tiga Pj Bupati lainnya yang dilantik adalah Pj Bupati Bojonegoro Suprianto yang sebelumnya sebagai Asisten I Sekdaprov Jatim, Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo yang sebelumnya sebagai Kepala Baperwil Jember, Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto.

Dalam sambutannya, Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim mengatakan, sesuai dengan UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, dilantiknya keempat pejabat eselon II di lingkup Pemprov Jatim ini untuk menggantikan posisi bupati yang telah memasuki masa purna tugas sebelum digelar Pilkada serentak pada 27 Juni. Para Pj, sesuai ketentuan, diambilkan dari pejabat pimpinan tinggi pratama atau pejabat eselon II di lingkup Pemprov Jatim.

Ia meminta keempat Pj Bupati untuk melaksanakan tugas sebagai kepala daerah dengan sebaik-baiknya. Diantaranya, berkomunikasi dengan seluruh unsur Forkopimda, menyukseskan penyelenggaraan pilkada, menjaga netralitas ASN dan menjaga kondusifitas di wilayahnya.

“ Pj Bupati mempunyai tugas penyelenggaranan pemerintahan di kabupaten masing-masing. Saya tegaskan kembali, tugas Pj sebagai penyelenggaraan pemerintahan. Jadi bukan hanya memerintah dan pemerintah. Oleh karena itu, agar Pj  menjalin komunikasi khususnya DPRD. Sebab pemerintahan daerah adalah legislatif dan eksekutif,” ujarnya. (Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here