Unik, Ilmu Komunikasi UTM Angkat Keagungan Estetika Sumenep Melalui Keris

Event yang digelar oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UTM

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Sudah bukan hal baru lagi bagi mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan event besar setiap tahunnya.

Tahun ini mahasiswa Ilkom UTM memilih Kabupaten Paling ujung timur Madura, Sumenep  untuk membuat sebuah event yang unik.

Bertempat di Graha Sahputra, Jl adirasa. No 99, Kolor, Sumenep, mereka menggelar sebuah event yang mengangkat tema ‘KERIS (Keagungan Estetika Ritual Sumenep)’. Serangkaian acara yang di gelar unik ini dikemas berupa city tour, talkshow, exhibition dan live music.

Acara yang dilaksanakan sejak pukul 08.00 – 20.00 WIB pada Jumat (4/5/2018) itu berlangsung meriah  dengan dihibur penampilan musik asli Sumenep yakni musik ul daul serta tarian muang sangkal.

Selain budaya tradisional sumenep, acara ini dikombinasikan dengan hiburan masa kini seperti musik beat box dan musik kroncong modern dari padhang tresna.

“Event ini untuk menunaikan salah satu mata kuliah Meeting Incentive Concentive Exhibition (MICE),” ujar Dosen Pengampu MICE Teguh Hidayatul R, Sabtu (5/5/2018).

Sumenep menjadi kota yang dipilih sebagai lokasi event MICE 2018 dengan mengangkat tema KERIS didasarkan pada latar belakang potensi wisata budaya yang ada di Sumenep.

“Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat tentang arti keris sesugguhnya. Agar tidak menyalahgunakan arti keris yang dianggap mistis,” ujar Haris Widjanarko selaku ketua pelaksana.

Selain itu cara tersebut bertujuan untuk menciptakan rasa cinta budaya pada masyarakat khususnya generasi milenial.

“Acara ini kami selenggarakan di gedung graha shaputra selama sehari penuh dengan serangkaian acara yang selaras dengan konsep MICE,” imbuhnya.

Dari event ini, mahasiswa Ilkom UTM juga ingin memberikan wawasan mengenai keris yang berada di Desa Aeng Tong Tong yang dikenal sebagai desa keris. (*/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here