Peringati Harlah NU ke-94, GP Ansor Gresik Gelar Apel Maritim

GRESIK, lingkarjatim.com – Peringatan Harlah NU Ke-94, dirayakan GP Ansor Gresik dengan menggelar apel kader Maritim. Dengan dikawal aparat Polairud Gresik, para pengurus Ansor naik perahu nelayan, berkonvoi menyusuri jalur penyebaran Islam Nusantara laut pantura Gresik.

Konvoi laut ini dimulai dari Balai Nelayan Keling di jalan RE Martadinata, Kelurahan Kroman, Gresik.

Ketua Cabang GP Ansor Gresik, Agus Junaidi Hamzah memimpin langsung upacara pemberangkatan rombongan dari utusan berbagi kecamatan itu dengan didampingi komandan satuan Polairud Gresik.

“Kegiatan ini untuk memperingati Harlah NU ke 94 dan sekaligus napak tilas penyebaran Islam di Kota Wali Gresik serta mengenang para pejuang Islam di wilayah pesisir Utara Pantai Gresik,” kata Agus.

Selain itu, lanjut Agus, Konvoi maritim ini untuk menguatkan kader Ansor menjadi kader maritim, sehingga bisa membantu Polair dan para nelayan untuk menjaga laut dan tentu saja juga ajaran Islam

Baca Juga :  Pilkada Gresik: Ketua GP Ansor Ramaikan Bursa Calon Bupati

“Ini adalah kegiatan kali pertama kita, Banser dan Kader Ansor Maritim dan mungkin pertama kali Ansor di Indonesia. Tentu ini bukan hanya kegiatan bernilai budaya, tapi ada pesan yang ingin kita sampaikan yakni menjaga nilai-nilai kearifan masyarakat lokal khsusnya pesisiran dari modernisasi dan induatrialisasi,” sambung Agus.

Sementara seorang peserta Konvoi Maritim, Giono dari Benjeng mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, selain menambah pengalaman juga mengenang perjuangan wali songo dalam menyebarkan ajaran Islam.

Dengan kawalan perahu motor patroli Polairud, puluhan perahu nelayan yang ditumpangi Banser dan Kader Ansor itu mensyuri laut jalur pantura Gresik. (M Khudhaifi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here