Mahasiswa Pamekasan di China Akan Pulang, RSUD Tak Punya Fasilitas Tangani Suspect Corona

PAMEKASAN, Lingkarjatim.com – Sejumlah mahasiswa asal Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang sedang menempuh pendidikan di Negara China ada rencana akan dipulangkan. Pemulangan itu karena faktor merebaknya virus corona di pusat kota Wuhan.

Mahasiswa yang tinggal di Kota Xianning, Provinsi Hubei, China diantaranya anak mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pamekasan, Herman Kusnadi, yakni Ika Putri Laksmi dan Ilham Trikusnadi bersama tiga mahasiswa lain.

“Saya beserta istri sangat khawatir terhadap kedua anak dan juga ketiga temanya yang sedang berada di China, dari sangat kwatirnya dalam sehari saya menghubungi anak saya tiga kali kadang lebih,” kata Mantan Kadispendukcapil Pamekasan, Herman Kusnadi.

Sementara apabila mereka betul-betul akan dipulangkan ke daerahnya yakni ke Kabupaten Pamekasan maka pihak RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan mengaku tidak mempunyai fasilitas cegah virus corona.

Baca Juga :  Masyarakat Jangan Panik Hadapi Wabah Virus Corona

“Kalau hanya virus biasa kami bisa mengatasi, tapi kalau virus corona kami tidak mempunyai tempat isolasi dan dirujuk ke rumah sakit di Surabaya seperti halnya RS Soetomo,” ucap Direktur RSUD Slamet Martodirdjo Pamekasan, Farid Anwar, (30/1/2020).

Farid menambahkan, bahwa hal itu akan dihandle oleh Pemerintah Provinsi, jadi apabila mereka akan benar-benar pulang kampung maka yang pasti akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu di rumah sakit yang fasilitas lengkap sebelum tiba di rumahnya masing-masing.

“Dari hasil pemeriksaannya nanti, apabila mereka normal maka langsung dipulangkan ke rumahnya, tapi apabila mereka terindikasi terserang virus corona maka akan dikarantina dalam beberapa waktu dulu,” kata Farid Anwar.

(Supyanto Efendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here