Menu

Mode Gelap

HUKUM & KRIMINAL · 26 Sep 2019 12:54 WIB ·

Hendak Ikut Demo, Konvoi Ratusan Siswa Sidoarjo Berakhir di Kantor Polisi


Hendak Ikut Demo, Konvoi Ratusan Siswa Sidoarjo Berakhir di Kantor Polisi Perbesar

Ratusan pelajar saat diamankan Polresta Sidoarjo


SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Ratusan pelajar yang diduga akan mengikuti demo menolak UU KPK di gedung DPRD Provinsi Jawa Timur diamankan oleh petugas Polresta Sidoarjo saat melakukan konvoi di kawasan Aloha Waru Sidoarjo, Kamis (26/9/2019).

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, para pelajar ini berhasil diamankan di kawasan Waru setelah diketahui melakukan konvoi dengan membawa berbagai alat peraga demo, kayu dan lainnya.


“Ada 117 pelajar yang akan berangkat mengikuti demo ke Surabaya, mereka ini berasal dari beberapa sekolahan di sidoarjo dan daerah lain,” ujarnya.


Diungkapkan Zain, pihaknya mengantisipasi keikutsertaan para pelajar yang akan mengikuti demo setelah beredarnya ajakan untuk mengikuti demo bagi pelajar yang sempat beredar di media sosial.


“Kita lakukan penyekatan dibeberapa titik dengan menempatkan anggota ditempat yang disinyalir akan dilewati para pelajar ini seperti di Taman, Aloha Berbek,” ucapnya.


Dungkapkan Zain, ada dua orang remaja asal Pasuruan yang sengaja memakai seragam sekolah untuk mengikuti aksi yang ikut bergabung dengan para pelajar lainnya.


“Ini ada dua orang dari Pasuruan, sebenarnya dia sudah lulus. Tapi dia sengaja memakai seragam sekolah untuk ikut aksi,” katanya. 


Pihak kepolisian masih menelusuri lebih lanjut dua orang remaja tersebut. Meski demikian polisi tidak menemukan senjata tajam dari tangan keduanya. 


“Setelah kami data, mereka kami minta menghubungi orang tuanya untuk menjemput mereka kesini. Biar nanti polisi memberi arahan kepada orang tua agar bisa menjaga anaknya dari hal hal yang tidak diinginkan,” tandasnya. 


Sementara, Kepala sekolah SMPN1 Jabon, Didik Winarko terlihat di Mapolres Sidoarjo. Ia bersama guru BK di sekolah setempat terpaksa mendatangi Mapolres setelah mendapat informasi jika anak didiknya sedang berada di Polres Sidoarjo. 


“Tadi kami dikabari oleh teman yang ada di dinas Pendidikan. Saya diminta kesini. Karena ada murid yang dibawa kesini,” ungkap Didik Winarko. 


Dari hasil pantauannya di Mapolres, ada tiga siswa kelas VIII yang turut terjaring polisi. Ketiganya, lanjut Didik, sebelumnya terlihat mengikuti pelajaran. 


“Mungkin mereka kabur pada saat sholat berjamaah. Karena pagi harinya mereka ada di sekolah,” jelasnya.


Selanjutnya, ia akan memanggil orang tua siswa tersebut dan akan memberikan pengarahan kepada orang tuanya. (Imam Hambali)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tingkatkan Literasi Media, PWI Sidoarjo Gelar Ngaji Jurnalistik Santri

18 July 2024 - 14:48 WIB

Jembatan Penghubung Dua Desa di Candi Sidoarjo Ambruk

16 July 2024 - 17:43 WIB

Mahasiswa Unipra Surabaya Datangi KPU Jatim, Ini Tujuannya

15 July 2024 - 19:20 WIB

Siskawati Bakal Minta Penangguhan Pemblokiran Rekening Suami dan Anak

15 July 2024 - 19:09 WIB

MPLS KB-TK Al Muslim Sidoarjo Deklarasi Kasih Sayang dan Stop Bullying

15 July 2024 - 17:54 WIB

Masuk Tahun Ajaran Baru, Al-Miftah Kenalkan Siswa Baru Dengan Pelajaran Unggulan

13 July 2024 - 20:35 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA