Bupati Bangkalan: OPD dan Pejabat Harus Berzakat

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron menghimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat di lingkungan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan agar membayar zakat.

“Kami sudah mengimbau agar pejabat ikut serta menyumbang zakat,” ujar Ra Latif usai menghadiri Raker Baznas Bangkalan, Rabu (22/01)

Menurut Ra Latif zakat dari pejabat diharapkan bisa meningkatkan jumlah zakat dikumpulkan oleh Baznas. Sebab zakat itu nantinya dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Semakin banyak zakat yang dikumpulkan, maka akan semakin banyak pula masyarakat Bangkalan yang terbantu,” kata dia.

Tak hanya mengimbau, Ra Latief akan memulai dari dirinya sendiri dengan berzakat. Sebagai contoh kepada pejabat yang lain.

“Lebih baik memberikan contoh daripada sekedar memberi himbauan saja,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bangkalan, KH. Nuruddin A Rahman menyampaikan, penyumbang zakat masih didominasi oleh OPD.

Baca Juga :  Bupati Ra Latif Sebut Pemuda Bangkalan Sebagai Alarm Bagi Kepemimpinannya

“Selama ini masih OPD yang memberikan zakat. Untuk pejabat, masih tiga persen dan akan dimulai tahun ini dengan bekerjasama dengan Bupati,” kata dia.

Nuruddin juga mengatakan, untuk tahun ini programnya akan ditingkatkan, sesuai peningkatan hasil zakat yang dihimpun.

“Tahun ini, program kami akan ditingkatkan, baik secara jumlah bantuan maupun penerima bantuan itu,” sambung dia.

Sasaran bantuan itu, kata dia, adalah masyarakat yang sangat membutuhkan. Dia juga memastikan dana yang masuk akan langsung disalurkan, karena itu adalah hak orang yang membutuhkan.

“Dana yang masuk langsung disalurkan secara tunai. Untuk sasarannya orang fakir miskin siswa miskin pemulung miskin, pokoknya yang miskin-miskin dan itu dilakukan bergantian, kasian yang lain kalau tidak gantian,” ucap dia. (Moh Iksan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here