Anak Kos Wajib Baca, 6 Cara Agar Kamu Tetap Hemat

Oleh : Nais Musyafaul Faiza

Sebagai anak rantau yang hidup di kota orang dan tinggal di kos-kos an salah satu masalah yang kalian hadapi adalah cara mengatur uang agar cukup untuk hidup sampai dapat kiriman uang selanjutnya, berikut ini cara yang bisa kalian terapkan agar uang kalian bisa bertahan sampai mendapat kiriman :

  1. Sadar diri

            Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah menyadarkan diri kalian bahwa kalian telah jauh dari orang tua. Untuk itu kalian harus bisa belajar hidup mandiri, salah satunya adalah belajar mengatur uang saku selama berada di perantauan. Kalian harus bisa memilah mana yang penting dan yang bukan. Karena kebanyakan dari kalian menghamburkan uang untuk sesuatu hal yang kurang bermanfaat. 

  1. Jangan beli jajanan

            Utamakan membeli nasi dari pada jajanan. Walaupun sama-sama mengenyangkan tetapi nasi mengenyangkan lebih lama daripada sekedar jajanan seperti siomay, bakso, gorengan atau yang lain. Kebanyakan dari kalian adalah lapar mata yang selalu ingin membeli jajanan ini dan itu walaupun sebenarnya kalian telah merasa kenyang. 

Baca Juga :  Etika Bersosmed
  1. Hindari pergi ke mall

            Jika ada teman atau hati kalian berontak untuk pergi ke mall, tahan dulu. Kalian harus bisa bersabar dalam rangka hidup hemat di perantauan. Meskipun niat awal kalian hanya jalan-jalan di mall namun tidak menutup kemungkinan kalian akan membeli sesuatu. entah itu hanya sekedar makanan ringan ataupun barang-barang yang kegunaannya kurang penting. Karena kebanyakan kalian membeli sesuatu yang dilihat indah oleh mata bukan karena kalian butuh. Apalagi kalau dibeli di mall, pasti harganya mahal. Kalian bisa membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari di toko dekat tempat kos kalian.   

  1. Hindari menonton film di bioskop

            Salah satu kebiasaan anak zaman sekarang adalah menonton film yang baru rilis di bioskop. Kalian bisa melakukan hal itu 2 bulan sekali untuk sekadar mencari hiburan. Tetapi, jangan lakukan setiap ada promo film, kalian bisa kehabisan uang sebelum waktunya. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah menunggunya sampai di upload di youtube dan kalian bisa menontonnya kapan saja dengan mode offline. 

  1. Menabung
Baca Juga :  Sukuk Linked Wakaf Sebagai Sarana Berinvestasi Syariah

            Merupakan cara yang bisa kalian lakukan untuk menghemat uang. Kalian bisa menyisihkan uang kecil mulai dari lima ratus rupiah sampai dua ribu rupiah untuk ditabung. Hal itu bisa mengamankan kalian dari menggunakan uang kecil untuk membeli jajajnan, juga menolong kalian saat kalian membutuhkan diwaktu yang mendesak dan mendadak. Walaupun nominalnya kecil, tetapi jika kalian konsisten akan terkumpul menjadi banyak. Ingat gunakan uang tabungan itu untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak dan penting. 

  1. Memasak makanan sendiri

            Salah satu cara untuk menghemat adalah memasak makanan sendiri. Kalian bisa membeli beras dan bahan-bahan mentah untuk dimaasak sendiri sehingga cukup untuk makanan kalian satu hari. kalian bisa menggunakan bumbu sesuai selera kalian dan menu makanan kalian bisa berganti setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here