Menu

Mode Gelap

HUKUM & KRIMINAL · 3 Jan 2020 09:13 WIB ·

Selama 2019, Polda Jatim Pecat 37 Polisi


Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si Perbesar

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Sebanyak 37 anggota polisi di jajaran Polda Jawa Timur dipecat dengan tidak hormat sepanjang 2019. Ini lantaran mereka melakukan berbagai pelanggaran kode etik.

“Puluhan puluhan anggota itu dipecat karena telah melakukan pelanggaran kode etik. Misalnya saja paling banyak karena desersi atau pengingkaran tugas tanpa permisi, dan ada juga yang terlibat kasus narkoba,” kata Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, usai pelaksanaan Sertijab di Mapolda Jatim, di Surabaya, Jumat (3/1/2020).

Luki menegaskan tidak akan mentolerasnsi jika ada anak buahnya melanggar kode etik, apalagi hingga terjerat kasus narkoba. Sanksi berupa pemecatan harus dilakukan, guna memberikan efek jera bagi anggota lainnya.

“Langkah ini sesuai dengan kebijakan dari Bapak Kapolri, yang memang anggota sudah enggak bener berulang kali ya hatus diberhentikan. Kalau dilihat masih bisa dibina, tentu akan dipertahankan,” kata Luki.

Karo SDM Polda Jatim, Kombes Nazirwan Adji Wibowo, mengatakan jumlah anggota yang dipecat mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Namun, Nazirwan belum bisa menyebut berapa angka kenaikan tahun ini dari tahun 2018 silam.

“Ini bentuk ketegasan Kapolda Jatim terkait pelanggaran atau pidana yang dilakukan anggotanya. Karena hal itu merugikan dan merusak nama baik institusi kepolisian,” ujarnya.

Pelanggaran kode etik itu, lanjut dia, sangat mempengaruhi kinerja kepolisian. Misalnya, menghambat penyelesaian suatu perkara dan berpengaruh pada kinerja anggota lainnya.

“Itu saya kira membawa pengaruh signifikan kepada motivasi anggota. Mereka yang bermasalah baik itu menyangkut disiplin kode etik atau pidana, harus segera diselesaikan,” katanya. (Amal Insani)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA