Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 20 Jun 2022 18:54 WIB ·

Sesepuh Pemasyarakatan Berbagi Pengalaman Kepada Kepala UPT Pemasyarakatan Jatim


Sesepuh Pemasyarakatan Berbagi Pengalaman Kepada Kepala UPT Pemasyarakatan Jatim Perbesar

Penguatan kepemimpinan Kemasyarakatan. (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Para sesepuh pemasyarakatan membagikan pengalamannya kepada kepala UPT Pemasyarakatan jajaran di Kanwil Kemenkumham Jatim. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan dapat mengemban amanah ini sesuai dengan koridor aturan dan SOP yang ada.

Penguatan para sesepuh pemasyarakatan itu dirangkaiakan dengan sosialisasi buku ‘Sesepuh Berbagi.’. Sebanyak 52 Kepala UPT Pemasyarakatan se-Jawa Timur mengikuti penguatan kepemimpinan itu. Para sesepuh membagikan pengalaman selama mengabdi di Kemenkumham khususnya di jajaran Pemasyarakatan.

Kegiatan yang berlangsung di Aula MD Arifin Lapas Surabaya itu menghadirkan empat sesepuh pemasyarakatan. Mereka adalah Adi Suyatno, R. Mardjaman, Muqowimul Aman, dan Murdiyanto. Keempatnya didampingi Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim, Teguh Wibowo.

“Kami berharap seluruh kepala satker dapat mengemban amanah ini sesuai dengan koridor aturan dan SOP yang telah ditetapkan oleh Ditjenpas,” ujar Teguh, melalui pesan rilisnya, Senin (20/06/2022).

Pria kelahiran Jakarta itu juga berharap para sesepuh Pemasyarakatan selain memberikan penguatan, juga dapat memberikan saran, masukan, petunjuk bahkan pendampingan bagi semua yang hadir. “Kami perlu banyak belajar dari para sesepuh karena pengalamannya tidak bernilai,” terang Teguh.

Dalam sesi sharing, Mardjaman banyak bercerita tentang sejarah pembuatan Buku Sesepuh Berbagi. Dia menjelaskan inti dari bagian kesatu dan kedua. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Adi Suyatno. “Orang yang dituakan atau dijadikan pemimpin karena syarat akan pengalaman dalam kehidupan dan satu organisasi,” ujarnya.

Muqowimul Aman salah satu dari keempat sesepuh Pemasyarakatan turut menjelaskan terkait cover buku yang di gambarkan dengan dua lilin yang menyala.

“Lilin melambangkan suatu semangat yang diharapkan bisa diwariskan kepada generasi penerus. Walaupun dalam lingkup kecil, lilin bisa memberikan penerangan di sekitarnya,” harapnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ribuan Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi UTBK UTM

30 April 2024 - 20:54 WIB

Pemerintah Sampang Dampingi Pelaku Usaha Kreatif

30 April 2024 - 16:23 WIB

Aneh, Disbudpar Bangkalan Tak Tahu Ada Pengembangan Bangunan Ruko di TRK

30 April 2024 - 11:31 WIB

Mendapat Apresiasi Sebagai Mahasiswa Berprestasi Saat Wisuda, Erlina Bagi 3 Tips Kiat Sukses untuk Mahasiswa

29 April 2024 - 20:21 WIB

Tertabrak Kereta Api, Pengendara Serta Penumpang Mobil Ayla Langsung Dievakuasi ke Rumah Sakit

29 April 2024 - 18:12 WIB

Didampingi Ibundanya Menggunakan Pakaian Adat Papua Saat Wisuda, Deyanti : Saya Bangga Orang Mengenal Saya Bagian dari Indonesia

28 April 2024 - 19:31 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA