Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 18 May 2017 03:53 WIB ·

Ribuan Santri Banyuputih Kidul Lumajang Ziarah Wali 5


Ribuan Santri Banyuputih Kidul Lumajang Ziarah Wali 5 Perbesar

Foto: Ribuan santri ketika mau berangkat ziarah.

GRESIK, Lingkarjatim.com – Puncak rangkaian acara Haflah Akhirussanah ke-59 Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang ditutup dengan ziarah wali Lima. Berjalan meriah, ribuan santri langsung melakukan ziarah ke makam lima wali untuk mensyukuri kelancaran acara tersebut.

“Selain bentuk rasa syukur atas kelancaran rangkaian kegiatan acara Haflah, kegiatan ini bertujuan mengajarkan kecintaan para santri putra dan putri pada tradisi salaffussholeh dan para ulama terdahulu”, terang Drs. H. Maksum Madyari, Ketua Yayasan Miftahul Ulum di Area Komplek Pemakaman Sunan Maulana Malik Ibrahim Gresik.

Menurut Maksum, kegiatan ziarah ini diawali dari Maqbaroh Al-Magfurlah Syaikhona Kholil Bangkalan hingga ke Makam Sunan Bonang Tuban. “Kita mengawali dari Bangkalan karena ketersambungan ilmu agama para kyai yg menjadi pendiri Nahdlatul Ulama tidak bisa dilepaskan dari peran dan sumbangsih Syaikhona Kholil”, tegasnya.

Untuk tahun ini, para santri putra maupun putri yang mengikuti acara ziarah dibatasi hanya 1,500 orang. “Putri sebanyak 750 santriwati, sedangkan sisanya adalah putra”, turut juga Ustad. Turmudzi, Ketua Panitia ziarah wali 5.

Sebelumnya, acara Haflah Akhirussanah diawali dengan acara Haul Akbar KH. Zuhri Bin Sirojuddin dan Para Masyaikh pendiri Pondok Banyuputih. Acara tersebut dihadiri para pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur. KH. Syaifullah Yusuf -Gus Ipul (Wakil Gubernur Jawa Timur), H. Kusnadi (Wakil Ketua DPRD Jawa Timur), puluhan para kyai se-Lumajang, para habaib, para alumni dan ribuan santri pondok Miftahul Ulum.

Kemudian acara yang kedua, di gelar seminar sehari dengan mengambil tema “Kiprah Santri dalam Penguatan Akidah dan Perekonomian Ummat”, dengan nara sumber sessi I: Prof. Dr. KH. Ali Maschan Moesa, M.Si dan KH. Hasan Madini Jember. Sesi kedua adalah KH. Mahmud Ali Zain (Ketua UGT BMT Sidogiri)) dan H. Thoriqul Haq, MML (Ketua FPKB dan Ketua Komisi DPRD Provinsi Jawa Timur). (hsn/ril)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jalan Desa Gemurung-Tebel Rusak, Begini Respon Pemkab Sidoarjo

14 March 2024 - 16:11 WIB

20 Warga Binaan Umat Hindu di Jatim Peroleh Remisi Nyepi

11 March 2024 - 15:54 WIB

GERAK CEPAT MEMBANGUN DESA; KKN 03 STAI AL-HAMIDIYAH BANGKALAN SUKSES TERAPKAN PROGRAM BLUE GREEN ECONOMY

6 January 2024 - 20:24 WIB

Pj Bupati Bangkalan Sebut Petani Jual Hasil Pertanian ke-Surabaya dan Dijual Lagi ke-Bangkalan Sehingga Harganya Menjadi Mahal

20 December 2023 - 10:31 WIB

Siltap Kades Naik Menjadi 5,4 Juta, Ini Alasan Pemkab Bangkalan

7 December 2023 - 14:05 WIB

Dihadapan Kades Se Bangkalan, Safiudin Asmoro Sampaikan Pentingnya Penguatan Sistem Demokrasi di Indonesia

12 November 2023 - 16:23 WIB

Trending di Uncategorized