Ratusan Desa di Bangkalan Terancam Gagal Cairkan DD Tahap 3

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Ratusan Desa di Kabupaten Bangkalan terancam gagal mencairkan Dana Desa (DD) tahap 3 tahun anggaran 2023. Pasalnya, hingga penghujung tahun ini, jumlah desa yang sudah mengajukan pencairan masih minim.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdsyaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bangkalan, hingga saat ini masih ada sekitar 70 dari jumlah total 273 desa di Bangkalan yang sudah mengajukan pencairan DD tahap 3. Sementara sisanya masih belum mengajukan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMD Bangkalan Rudiyanto mengatakan, minimnya jumlah desa yang mengajukan pencairan DD tahap 3 itu dimungkinkan karena realisasi DD tahap 2 masih belum mencapai target minimal pengajuan pencairan tahap selanjutnya. Sehingga Surat Pertanggungjawabannya belum memenuhi syarat.

Untuk itu, Rudy mengimbau agar desa segera merealisasikan DD tahap 2, sehingga bisa memenuhi persyaratan untuk mengajukan pencairan DD tahap berikutnya.

“Syaratnya jika penyerapan DD tahap 2 sudah mencapai sekitar 60 persen. Jika belum, segera laksanakan programnya, jika sudah, sudah tercapai, segera ajukan DD tahap tiganya agar bisa segera diproses,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (07/11/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here