Menu

Mode Gelap

HUKUM & KRIMINAL · 8 May 2024 21:16 WIB ·

Kreator Film “Guru Tugas” Ditangkap Tim Polda Jatim


Kreator Film “Guru Tugas” Ditangkap Tim Polda Jatim Perbesar

Tiga orang crew Akeloy Production saat dibawa tim cyber Polda Jatim (Foto: Istimewa)

Bangkalan, Lingkarjatim.com – Sebanyak tiga orang konten creator asal Kabupaten Bangkalan ditangkap tim Cyber Polda Jawa Timur. Ketiganya ditangkap pagi tadi di rumahnya di Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Rabu (08/05/2024).

Ketiga konten kreator akun YouTube Akeloy Production tersebut antara lain, Y (27) pemilik akun youtube, sekaligus penulis skenario dan sutradara, A (22) pemeran ustad dan S (24) kameramen dan pemain dalam film pendek tersebut.

Mereka ditangkap setelah membuat dan mengunggah konten atau film berjudul “Guru Tugas” episode 1 dan 2 yang diduga mengandung unsur suku agama dan ras (SARA) yang meresahkan masyarakat.

Secara singkat, film pendek tersebut menceritakan tentang guru tugas yang bertugas di Bangkalan. Pada saat bertugas, si guru tugas melakukan tindakan asusila atau pemerkosaan terhadap santrinya. Adegan tersebut mendapatkan reaksi dan kecaman dari sejumlah tokoh masyarakat, agama maupun organisasi keagamaan di Madura.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, saat ini ketiganya masih berstatus terperiksa dan akan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap ketiganya serta mengumpulkan berbagai bukti terkait dengan peristiwa pidana yang mungkin terjadi di dalam video pendek tersebut.

“Kita juga akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi ahli, baik itu pidana, agama maupun ITE,” ungkapnya saat konferensi pers di Mapolda Jawa Timur, Rabu (08/05/2024).

Ditanya apakah ada kemungkinan penambahan terperiksa yang akan ditangkap, Dirmanto mengaku, saat ini masih dalam proses pemeriksaan dan pendalaman, sehingga belum bisa memberikan informasi lebih lanjut.

“Masih kita dalami, tapi kemungkinan nanti undang-undang ITE akan kita terapkan,” ucapnya. (Moh Iksan/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 218 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Marak Kejahatan Siber dengan Modus Pencurian Akun Medsos, Direktur Media Lingkar Jatim Meminta Masyarakat Waspada dan Hati-hati

14 May 2024 - 06:44 WIB

Diduga Nekat Curi Sepeda Motor, Seorang Pria Babak Belur Dibogem Warga

11 May 2024 - 12:31 WIB

Masyarakat Sidoarjo Diminta Hormati Proses Hukum Bupati Sidoarjo dan Jaga Kondusifitas Daerah

6 May 2024 - 23:15 WIB

Mantan Bupati Probolinggo Kembali Tersandung Kasus, Kali Ini Diduga Menerima Gratifikasi dan Pencucian Uang

2 May 2024 - 18:00 WIB

Aksi Dua Pemuda Lompat Pagar dan Ambil Handphone Warga Terekam CCTV Akhirnya Berurusan dengan Polisi

27 April 2024 - 09:07 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL