Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 9 Apr 2023 09:13 WIB ·

Ini Dia Dua Orang Asal Indonesia yang Jadi Profesor Termuda di Dunia


Ini Dia Dua Orang Asal Indonesia yang Jadi Profesor Termuda di Dunia Perbesar

Nasional, Lingkarjatim.com – Profesor adalah gelar yang didapatkan dengan menempuh pendidikan minimal S3 dan memiliki karya ilmiah bereputasi Internasional. Selain itu, untuk diangkat menjadi seorang profesor, perlu memiliki pengalaman bekerja sebagai dosen minimal 10 tahun.

Di Indonesia sendiri, pemberian gelar profesor tidak boleh sembarangan karena telah diatur dalam Permenpan RB No. 46. Meski demikian, gelar profesor di luar negeri bisa diraih jika seseorang memiliki kemampuan akademis yang mumpuni untuk meraih gelar tersebut.

Sulitnya mendapatkan gelar profesor tersebut tidak berlaku untuk empat orang ini yang berhasil menjadi profesor termuda di dunia. Fakta menariknya, dua di antaranya merupakan orang Indonesia.

Siapa saja profesor termuda di dunia? Ketahui yuk!

Daftar Profesor Termuda di Dunia, Dua dari Indonesia:

  1. Alia Sabur Alia Sabur adalah salah satu profesor termuda di dunia karena meraih gelarnya tersebut pada usia 19 tahun. Pencapaian ini membuat ia dinobatkan sebagai profesor termuda sepanjang sejarah oleh Guinness Books of Records.

Kecerdasan dari Alia Sabur sudah terlihat sejak dini di mana ia sudah menguasai berbicara dan membaca pada saat berusia 8 bulan.

Ia menempuh studi pendidikan tinggi S2 di University of Drexel dan mendapat gelar M.S dan Ph.D di bidang sains dan teknik. Alia Sabur berhasil meraih gelar Profesornya setelah menempuh pendidikan sarjana sains di bidang Matematika aplikasi di University of Stony Brook.

Ia pun sempat mengajar di Konkuk University, Korea Selatan pada tahun 2008. Selain pandai di bidang sains dan teknik, Alia pun pandai memainkan alat musik dan sudah bersabuk hitam dalam olahraga taekwondo.

  1. Erik Demaine
    Orang kedua yang menjadi profesor termuda di dunia adalah Erik Demaine. Pria yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) ini meraih gelar profesornya pada usia 20 tahun.

Erik Demaine telah menunjukkan kepandaiannya sejak berusia 7 tahun. Pada saat usianya 12 tahun, ia berpetualang bersama ayahnya ke Amerika Utara. Lalu, di usianya yang baru 14 tahun Erik meraih gelar sarjananya dari Dalhousie University.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Suaminya Dibunuh di Depan Anaknya, Istri Korban Menangis Didepan Hakim

25 September 2024 - 11:23 WIB

Bapenda Bangkalan Belanjakan Hampir Seratus Juta Rupiah untuk Beli Pita Printer 

25 September 2024 - 11:09 WIB

Deklarasi Kampanye Damai KPU, Pj Bupati Bangkalan Sayangkan Tempat Duduk Masing-masing Paslon

25 September 2024 - 07:40 WIB

Gelar Deklarasi Kampanye Damai, KPU Bangkalan Ajak Masyarakat Hindari Berita Hoax dan Jangan Mudah Terprovokasi

25 September 2024 - 06:56 WIB

Horeee, PNS Boleh Menghadiri Kampanye Paslon Bupati dan wakil Bupati Bangkalan

24 September 2024 - 22:19 WIB

Pilkada Bangkalan Masuk Tahap Krusial, Bawaslu: Kemaren Sembunyi-sembunyi Sekarang Silahkan Dimanfaatkan

24 September 2024 - 14:08 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA