Jawab Tantangan Zaman Fakultas Teknik UTM Bentuk Team Cyber

Prof. Dr. Ir. Rachmad Hidayat, M.T (Dekan Fakultas Teknik UTM)

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Cepatnya arus didunia maya berdampak besar pada validitas informasi itu sendiri. Kerap kali informasi yang beredar di internet khususnya media sosial menyiarkan kesesatan. Selain itu kejahatan di dunia maya semakin marak, mulai dari penipuan belanja online, social enginering dan kejahatan maya lain yang menyebabkan kerugian personal maupun organisasi.

Berangkat dari isu tersebut Dekan Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Prof. Dr. Ir. Rachmad Hidayat, MT berinisiatif membentuk Team Cyber. Tim yang berada dibawah komando langsung Dekan Fakultas Teknik tersebut selain sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dalam menanggapi isu di dunia maya juga bersifat sebagai lembaga bantuan bagi masyarakat yang mengalami kasus dalam bidang IT.

Team ini kami bentuk sebagai respon atas kekhawatiran kami terhadap kejahatan dan isu yang berkembang di dunia telnologi informasi saat ini,” Ujar pria yang baru menyandang gelar profesor tersebut.

Harapannya team tersebut dapat berkontribusi dalam bidang teknologi informasi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Diwawancarai terpisah melalui telpon ketua Team Cyber Fakultas Teknik, Hanifudin Sukri menjelaskan selaras dengan visi Dekan Fakultas Teknik “Iya saya ditunjuk menjadi ketua tim oleh dekan FT UTM, Harapannya sesuai dengan apa yang disampaikan beliau,” Jawabnya, padat.

Lebih lanjut dosen yang akrab disapa bombom ini menjelaskan bahwa tim tersebut terdiri dari beberapa dosen senior dan juga mahasiswa dengan latar belakang konsen yang variatif seperti jaringan komputer, cyber forensik, data analis dan sebagainya, “Tim ini terdiri dari beberapa dosen dan mahasiswa dengan konsen yang berbeda-beda, sehingga dapat menganalisa isu-isu didunia maya sesuai case, seperti saat ini misalnya, ramai dengan perbedaan hasil quick count pilpres, isu server KPU diserang itu yang menganalisa teman-teman data analis dan jaringan komputer, sehingga kami dapat berkontribusi memberikan atau meluruskan informasi yang tidak benar,” Pungkasnya. (*)

Leave a Comment